dempo

Hanya 5 Tahap! Ini Cara Olah Buah Zaitun Jadi Minyak, Mau Coba?

Hanya 5 Tahap! Ini Cara Olah Buah Zaitun Jadi Minyak, Mau Coba?

Hanya 5 tahap! Ini cara olah buah zaitun jadi minyak, mau coba?--(Sumber Foto : Doc/BETV)

Minyak zaitun yang dihasilkan dari zaitun yang masih mentah biasanya memiliki warna kehijauan sementara minyak yang diperoleh dari zaitun yang telah masak biasanya memiliki warna keemasan. 

BACA JUGA:5 Bahan Alami Ini Dapat Cerahkan Wajah dengan Ampuh dan Minim Efek Samping, Salah Satunya Minyak Zaitun

Namun meski keduanya memiliki warna yang berbeda, cita rasa yang dihasilkan dan juga titik didih minyak tidak memiliki perbedaan yang signifikan. 

Akan tetapi, apabila melihat dasi segi nutrisi, nutrisi yang diperoleh dari buah yang matang lebih baik dibandingkan yang diperoleh dari buah yang masih mentah. 

BACA JUGA:Kaya Akan Antioksidan, Inilah 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Kulit

Untuk memperoleh minyak yang baik, sebaiknya olah buah zaitun dalam kurun waktu 2-3 hari agar kualitas nutrisinya tidak berkurang. 

Pastikan untuk mencuci bersi buah zaitun mentah yang akan digunakan, lalu pilih dan seleksi buah untuk mendapatkan hasil terbaik. Pastikan untuk tidak memasukkan buah yang busuk, menciut, atau terlalu lembek. 

BACA JUGA:Miliki Segudang Nutrisi, Intip Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan Berikut, Salah Satunya Jaga Kesehatan Kulit

2. Menggiling Buah Zaitun

Setelah melakukan proses selesksi pada buah zaitun, hal yang selanjutnya dapat dilakukan adalah menggiling buah zaitun. Biji yang ada di dalam buah ini biasanya bertekstur keras sehingga sebaiknya dipisahkan terlebih dahulu dari daging buahnya. 

Hal ini juga dilakukan untuk menjaga agar alat penggilingan tidak mudah rusak. Buah ini juga dapat dihancurkan atau diblender hingga menjadi pasta, setelah itu tambahkan pasta dan tambahkan air panas dengan perbandingan 1:5 untuk air dan pasta. 

BACA JUGA:Masya Allah! Inilah keistimewaan Buah Zaitun, Buah yang Disebutkan dalam Al Quran, Apa Saja?

Air panas ini tidak harus mendidih namun sebaiknya merupakan air yang sudah dimurnikan dari sumber air lain seperti air keran. 

3. Penyaringan dan Ekstraksi

Buah zaitun yang telah digiling dan dicampur dengan air kembali digiling hingga menjadi halus. Setelahnya adonan kemudian diaduk dengan cepat dengan gerakan memutar hingga muncul minyak. Proses ini disebutj uga dengan proses malaxing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: