dempo

9 Perkara Ini Dilarang di Bulan Dzulhijjah, Nomor 1 Memotong Kuku, Cek Alasannya

9 Perkara Ini Dilarang di Bulan Dzulhijjah, Nomor 1 Memotong Kuku, Cek Alasannya

Ilustrasi. Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Perkara yang tidak boleh dilakukan di bulan Dzulhijjah selanjutnya adalah memotong rambut. Hal ini diriwayatkn pada hadis yang sama di atas dengan bunyi yang sama.

Dikatakan, hal ini dilakukan agar amalan ibadah kurban yang dilakukan diterima Allah SWT.

3. Melalaikan Waktu Beramal 

Perkara yang tidak boleh dilakukan di bulan Dzulhijjah berikutnya adalah melalaikan waktu beramal. Seperti yang diketahui bahwa bulan Dzulhijjah menjadi salah satu bulan yang paling dicintai oleh Allah SWT karena ada banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan.

Mengerjakan amalan sunnah pada bulan ini akan mendapatkan pahala yang tidak terkira, bahkan dapat menghapus dosa masa lalu dan masa depan. Oleh karena itu, melalaikan waktu beramal sangat dilarang pada bulan ini.

BACA JUGA:Dibalik Penamaan Hari Tarwiyah dan Arafah, Ada Perintah dalam Mimpi Nabi Ibrahim! Apa Itu?

Larangan yang wajib dijauhi oleh umat muslim di bulan Dzulhijjah berikutnya adalah melalaikan waktu beramal.

Sebagaimana disebutkan dalam HR. Bukhari yang berbunyi: 

"Tiada hari-hari yang amal shalih di dalamnya lebih dicintai Allah daripada hari-hari ini. Yakni 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, mereka (para sahabat) bertanya: Wahai Rasulullah, dan tidak juga berjihad di jala" (HR. Bukhari dan Muslim). 

4. Berbuat Dzalim 

Selain melaliakan waktu beramal, berbuat dzalim juga sangat dilarang pada bulan ini. Hal tersebut karena perbuatan ini mendatangkan dosa yang dibenci oleh Allah SWT.

BACA JUGA:Puasa Tarwiyah Punya Banyak Keutamaan, Pelajari Niat dan Tata Caranya di Sini

5. Tidak Banyak Berdoa 

Perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah lainnya adalah tidak banyak berdoa. Seperti yang diketahui bahwa bulan ini menjadi salah satu waktu yang paling dimuliakan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu kamu harus banyak berdoa karena ada hari di mana semua doa-doa akan dikabulkan pada bulan ini. Allah melarang orang yang tidak banyak berdoa dan melalaikan momen ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: