dempo

9 Perkara Ini Dilarang di Bulan Dzulhijjah, Nomor 1 Memotong Kuku, Cek Alasannya

9 Perkara Ini Dilarang di Bulan Dzulhijjah, Nomor 1 Memotong Kuku, Cek Alasannya

Ilustrasi. Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

HR. At-Tirmidzi yang berbunyi, "Sebaik-baiknya doa adala di hari Arafah,". 

6. Riya saat Beramal 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah selanjutnya adalah Riya saat beramal. Meskipun pada bulan Dzulhijjah dianjurkan untuk banyak melakukan perbuatan terpuji namun bukan berarti yang melakukan bisa riya, karena hal tersebut termasuk sifat yang paling dibenci Allah SWT.

BACA JUGA:6 Keutaman Puasa Tarwiyah yang Sayang Dilewatkan, Amalan Paling Dicintai Allah SWT

7. Menganggap Sepele Amalan Sunnah 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah brikutnya adalah menganggap sepele amalan sunnah. Sebagai informasi bahwa pada bulan ini terdapat banyak amalan sunnah yang memberikan imbalan luar biasa.

Bagi muslim yang menyepelekan amalan sunnah akan diganjarkan dosa, hal tersebut karena Allah SWT membenci orang yang menyepelehkan.

8. Tidak Mandi saat Idul Adha 

Perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah selanjutnya adalah tidak mandi saat sholat Idul Adha. Sholat adalah perantara untuk menghadap kepada-Nya.

Oleh karena itu sebelum menghadap Allah SWT harus dalam keadaan yang suci, bersih, dan wangi. Hal ini disebutkan langsung dalam HR. Al-Baihaqi yang berbunyi: "Seorang lelaki bertanya kepada Ali radhiallahu’anhu tentang mandi, ia menjawab: ‘Mandilah setiap hari jika engkau mau.’ Lelaki tadi berkata: ‘Bukan itu, tapi mandi yang benar-benar mandi.’ Ali menjawab: ‘Mandi di hari Jum’at, Idul Fitri, Idul Adha dan hari Arafah," (HR. Al Baihaqi). 

BACA JUGA:Waktu hingga Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha, Jangan Lupa untuk Baca Basmalah

9. Memberikan Kesulitan pada Orang Lain 

Perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah terakhir adalah memberikan kesulitan pada orang lain. Hal ini diriwayatkan oleh 

Muslim, yaitu: "Ya Allah, barangsiapa yang mengurusi umatku lantas dia merepotkan (membuat susah) umatku, maka repotkanlah dia," (HR. Muslim).

Demikian informasi yang dilarang di bulan Dzulhijjah, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: