dempo

10 Amalan Sunnah Idul Adha yang Dianjurkan Rasulullah, Pengampunan Dosa Masa Lalu Imbalannya

10 Amalan Sunnah Idul Adha yang Dianjurkan Rasulullah, Pengampunan Dosa Masa Lalu Imbalannya

Ilustrasi. Amalan sunnah Idul Adha yang dianjurkan Rasulullah..--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Mandi menjadi amalan sunnah karena sholat Idul Adha dengan keadaan yang suci dan bersih memiliki keutamaan yang luar biasa.

5. Memperbanyak Takbir

Amalan Sunnah di hari Idul Adha lainnya adalah memperbanyak mengucap takbir. Amalan satu ini bisa dilakukan dari sebelum sholat hingga selesai sholat atau mulai dari subuh pada pagi hari Arafah (9 Dzulhijjah) sampai dengan akhir hari Tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijah).

6. Memperindah Diri dengan Pakaian Terbaik dan Wangi-wangian

Amalan sunnah di hari Idul Adha yang bisa diamalkan selanjutnya adalah dengan memperindah diri dan menggunakan wewangian.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Kue Kering untuk Idul Adha, Salah Satunya Cookies Dark Choco Almond, Intip yang Lain

Hal ini diisyaratkan sebagai bukti rasa suyukur saat ingin menemui sang pencipta. Tidak hanya menggunakan pakaian rapi dan wewangian, kamu juga bisa memotong kuku, memotong rambut, merapikan kumis dan janggot bagi laki-laki.

7. Makan Setelah selesai Sholat Idul Adha

Amalan sunnah setelah sholat Idul Adha yang bisa diamalkan adalah makan. Setelah sholat Idul adha disunnahkan untuk makan, hal ini merupakan kebalikan dari hari raya Idul Fitri, sebagaimana sunnah Nabi Muhammad SAW

"Diriwayatkan dari 'Adullah Ibnu Buraidah dari ayahnya [yaitu Buraidah Ibnu al-Husaib] ia berkata: Rasulullah saw pada hari Idul Fitri tidak keluar sebelum makan, dan pada hari Idul Adha tidak makan sampai sholat lebih dahulu." [HR. at-Tirmidzi].

BACA JUGA:Hapus Dosa Masa Lalu dan Masa Depan, Ini 10 Amalan Sunnah Idul Adha yang Sayang Dilewatkan

8. Berkurban

Amalan sunnah setelah Idul Adha berikutnya adalah dengan berkurban. Hal ini disunnahkan bagi siapapun yang mampu, hal ini tertuang dalam hadist Imam Bukhori dan Imam Muslim:

"Rasulullah beribadah kurban 2 ekor domba warna putih bersih dan bertanduk bagus. Aku melihat Rasul meletakkan kakinya ke atas sisi tanduk (kanan) hewan kurban itu sambil menyebut nama Allah dan bertakbir. Rasulullah menyembelih kedua hewan kurban itu dengan tangannya sendiri".

9. Melaksanakan Sholat Sunnah Idul Adha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: