dempo

10 Amalan Sunnah Idul Adha yang Dianjurkan Rasulullah, Pengampunan Dosa Masa Lalu Imbalannya

10 Amalan Sunnah Idul Adha yang Dianjurkan Rasulullah, Pengampunan Dosa Masa Lalu Imbalannya

Ilustrasi. Amalan sunnah Idul Adha yang dianjurkan Rasulullah..--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Muslim harus tahu ada amalan sunnah sebelum dan sesudah Idul Adha yang berikan imbalan berupa penghapusan dosa, yuk cek ulasannya di sini.

Idul Adha atau lebaran haji merupakan merupakan hari raya umat muslim yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah sebagai peringatan pristiwa nabi Ibrahim yang mengurbankan anaknya Isma'il sebagai bukti ketaatannya kepada Allah SWT.

Hari mulia ini diperingati di bulan yang dimuliakan Allah juga, bulan Dzulijjah sangat dicintai Allah SWT karena memiliki banyak amalan sunnah yang jika dikerjakan akan mendapatkan imbalan yang teramat istimewa.

BACA JUGA:Waktu hingga Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha, Jangan Lupa untuk Baca Basmalah

Salah satu amalan sunnah yang menawarkan safaat luar bisa sebelum Idul Adha adalah puasa Arafah. Amalan sunnah satu ini dapat diamalkan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau sehari sebelum Idul Adha.

Dikatkan, barang siapa yang melaksanakan puasa di hari Arafah maka akan diampunkan dosa setahun di masa lalu dan masa depan.

Selain itu, amalan sunnah yang bisa diamalkan sebelum Idul Adha lainnya adalah puasa Tarwiyah dengan imbalan pahala bagaikan puasa setahun penuh.

Tidak hanya itu, masih banyak amalan sunnah yang baik diamalkan sebelum dan sesudah Idul Adha seperti mandi sebelum sholat, memperbanyak takbis, merias diri dengan wewangian, makan setelah sholat, hingg pulang dengan jalan yang berbeda ketika pergi ke masjid.

BACA JUGA:Waspadai Pencurian Ternak Jelang Idul Adha, Warga Bengkulu Tengah Temukan Potongan Kerbau

Dilansir dari detik.com, berikut amalan sunnah yang bisa menghapus dosa masa lalu dan masa depan saat Idul Adha:

1. Puasa Dzulhijjah

Amalan sunnah yang bisa diamalkan sebelum Idul Adha adalah puasa Dzulhijjah. Amalan ini dapat diamalkan mulai tanggal 1 hingga 8 Dzulhijjah. 

Diketahui, bagi perempuan yang memiliki hutang puasa ramadan bisa mengqadhanya saat puasa Dzulhijjah.

Dzulhijjah termasuk ke dalam bulan yang dimuliakan karena terdapat berberapa keutamakan di dalamnya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: