KPU

Kurban Hari Raya Idul Adha Dapat Membawa Keberkahan, Cek Manfaatnya dalam Kehidupan

Kurban Hari Raya Idul Adha Dapat Membawa Keberkahan, Cek Manfaatnya dalam Kehidupan

Ilustrasi. Manfaat kurban Hari Raya Idul Adha dalam kehidupan, dapat membawa keberkahan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

"Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirnya darah (kurban), maka hendaknya kalian merasa senang karenanya," (HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah, sebagian ulama mengatakannya dhaif).

Meskipun hadits ini lemah, hanya saja kata Ammi Nur Baits, tidak menghilangnya keutamaan kurban itu sendiri. Syaikhul Islam dalam Majmu' Fatawa menyebutkan, keutamaan kurban ini lebih utama daripada sedekah.

BACA JUGA:Bukan Milik Orang Lain! Ini 6 Syarat Sah Hewan Kurban Menurut Syariat Islam

"Berkurbanlah, aqiqah, hadyu sunah, semuanya lebih baik, daripada sedekah dengan uang senilai hewan yang disembelih," tulis Syaikhul Islam.

Lantas Jumhur ulama pun menyepakati bahwa kurban di Hari Raya Idul Adha merupakan sunah teruntuk setiap orang yang mampu melaksanakannya. Dalam hadits shahih riwayat Imam Ahmad dan Imam al-Hakin menyebutkan bahwa:

"Tiga perkara yang bagiku hukumnya fardhu tapi bagi kalian hukumnya tathawwu' (sunnah), yaitu sholat witir, menyembelih udhiyah (hewan kurban), dan sholat dhuha."

BACA JUGA:Warga Diimbau Berhati-hati Pilih Hewan Kurban, Disnakkeswan Bengkulu Ungkap Ciri-ciri Sapi Sehat

3. Menambah kebahagiaan

Dalam buku Fikih untuk Kelas IX MTs, Hasbiyallah menyebutkan bahwa berkurban bisa menambah kebahagiaan bagi keluarga di perayaan Idul Adha dan berbagi kasih sayang kepada fakir miskin.

Tidak hanya mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan berkurban kamu akan dilimpahkan kebahagiaan.

4. Ciri seorang Muslim

Setiap orang sangat dianjurkan untuk berkurban, bagi mereka yang mampu dan meniatkannya karena Allah SWT. Sehingga berkurban bisa menjadi ciri seorang Muslim.

Meski begitu, bukan berarti yang tidak berkurban bukan seorang Muslim. Setidaknya mereka yang mampu berkurban bisa menunjukkan pentingnya untuk berbagai sesama.

BACA JUGA:10 Amalan Sunnah Idul Adha yang Dianjurkan Rasulullah, Pengampunan Dosa Masa Lalu Imbalannya

5. Mendapat ampunan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: