dempo

Penting! Ini 5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Orang Tua pada Si Kecil Sejak Dini

 Penting! Ini 5 Life Skill yang Perlu Diajarkan Orang Tua pada Si Kecil Sejak Dini

Penting! Ini 5 life skill yang perlu diajarkan orang tua pada si kecil sejak dini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Hal ini akan sangat membantu lantaran ketika dewasa nanti, mereka pasti akan dihadapkan dengan sejumlah pilihan kehidupan. 

BACA JUGA:Marah Bukan Solusi! Ini 6 Tips Mendidik Anak Agar Patuh dan Tidak Bandel

Orang tua bisa mulai mengajarkan pada anak hal ini dengan menggunakan pilihan-pilihan dasar seperti untuk memilih makanan yang ingin mereka makan hari ini atau menentukan pakaian yang akan mereka kenakan. 

Orang tua juga dapat mengajak anak untuk berdiskusi saat tengah menentukan pilihan agar membuat anak dapat memikirkan dengan lebih seksama tentang pilihan yang akan dia ambil. 

BACA JUGA:Bunda Jangan Emosi Dulu, Lakukan 7 Tips Parenting Ini untuk Didik Anak Usia Dini

Setelah dewasa, anak akan mengingat hal tersebut dan akan terbiasa untuk memikirkan terlebih dulu sebelum mengambil keputusan. 

2. Kesehatan dan Kebersihan Diri

Hal selanjutnya yang sebaiknya diajarkan oleh oran tua pada anak adalah kemampuan untuk merawat diri termasuk untuk kesehatan dan juga kebersihan dirinya. 

BACA JUGA:Didik Anak Remaja Laki-laki Tanpa Drama dengan 5 Tips Parenting Ini, Sudah Terapkan?

Kesehatan dan kebersihan diri merupakan bagian yang penting dari kehidupan sehingga sebaiknya orang tua mengajarkan cara agar anak dapat merawat diri dengan tepat. 

Selain kebersihan diri, orang tua juga sebaiknya engajarkan anak untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti dengan mengajarkan mereka untuk membuang sampah pada tempatnya. 

BACA JUGA:5 Tips Parenting untuk Anak Remaja, Mengomel Bukan Solusi Terbaik

Dengan mengajari anak keterampilan hidup ini, maka nantinya anak akan tumbuh dengan pemahaman tentang kebersihan dan juga kesehatan sehingga mereka akan memiliki kesadaran tinggi untuk menjaga diri maupun lingkungan. 

3. Manajemen Waktu

Mengajarkan manajemen waktu pada anak juga penting untuk dilakukan agar anak dapat tumbuh dewasa dengan kemampuan manajemen waktu yang baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: