dempo

Jangan Dipaksa! Ini 8 Cara Agar Anak Gampang Makan Teratur dan Lahap

Jangan Dipaksa! Ini 8 Cara Agar Anak Gampang Makan Teratur dan Lahap

Ilustrasi. Cara agar anak gampang makan teratur dan lahap, para orang tua perlu terapkan hal berikut.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Selain cara di atas, berikut ini beberapa penyebab anak susah makan yang sayang untuk dilewatkan, para orang tua harus tahu.

1. Secara tiba-tiba tidak mau makan makanan favorit

Saat anak tiba-tiba menolak makanan favorit, tentu saja sebagai Ibu merasa bingung atau si kecil lagi tak ingin minum susu yang tiap hari biasanya dikonsumsi.

Orang tua jangan panik terlebih dulu, bosa jadi ini hanya sementara saja. Sebab anak juga memiliki mood makan yang berubah-ubah.

Kamu tetap dapat tawarkan apa yang hendak ia inginkan, tapi jika berlebihan perlu mengambil pemahaman lain agar anak mengerti.

BACA JUGA:Stop! 5 Perilaku Orang Tua Ini Bisa Rusak Mental Anak, Cek Apa Saja

2. Hanya memilih makanan tertentu saja

Kemampuan yang baru bisa balita lakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan padat. Untuk itu perlunya waktu supaya si kecil dapat terbiasa pada ragam rasa, warna, dan tekstur dari makanan.

Disarankan untuk memberikan perkenalan jenis makanan tertentu dengan perlahan kepada anak yang sulit makan. Dapat dilakukan setelah beberapa kali, si kecil bisa saja akan mulai tertarik dalam memakannya.

Anak juga dapat belajar untuk makan sendiri, hal ini termasuk si kecil sudah bisa makan apa saja di mulutnya. Lakukan hal seperti menyajikan secara bersamaan, antara makanan favorit dan jenis makanan baru untuk anak. 

Orang tua dapat menghindari waktu diantara makan dan menjelang waktu untuk tidur sebab adanya rasa lelah bisa berpengaruh pada minat si kecil dalam makanan baru.

BACA JUGA:Marah Bukan Solusi! Ini 6 Tips Mendidik Anak Agar Patuh dan Tidak Bandel

3. Menolak untuk makan

Makan juga menjadi keterampilan yang baru saja dikuasai oleh anak. Penting untuk mengetahui makanan yang perlu si kecil makan, sehingga tak asal memberikan sajian.

Umumnya sebagian anak dapat melahap habis suatu makanan yang telah orang tuanya beri di hari pertama. Namun, diesok harinya si kecil menolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: