dempo

Jangan Dipaksa! Ini 8 Cara Agar Anak Gampang Makan Teratur dan Lahap

Jangan Dipaksa! Ini 8 Cara Agar Anak Gampang Makan Teratur dan Lahap

Ilustrasi. Cara agar anak gampang makan teratur dan lahap, para orang tua perlu terapkan hal berikut.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Hal ini perlu dipahami oleh orang tua sebab minat anak yang berubah, bisa membuatnya tak lagi berselera dan akhirnya selera makan menjadi berubah.

BACA JUGA:5 Tips Parenting untuk Anak Remaja, Mengomel Bukan Solusi Terbaik

4. Makan satu jenis makanan saja

Tak aneh jika anak susah diajak makan selama berhari-hari atau hanya bisa makan satu jenis saja. Alasannya karena anak sedang tak tertarik dengan makanan baru dan rasanya belum dikenal.

Disarankan agar orang tua tetap tenang dan memberi penawaran pilihan makanan lain, tidak juga dengan cara memaksa bahkan memarahi si anak saat ia tak ingin makan. Orang tua bisa mengatur strategi untuk mengajak ke supermarket bagi anak yang sudah cukup besar.

Dapat memintanya untuk memilih dua jenis buah dan sayuran serta satu camilan. Setibanya di rumah dapat mengajaknya untuk menyiapkan makanan.

BACA JUGA:7 Daftar Makanan dan Minuman Berbahaya Picu Kanker Pada Anak

5. Lebih memilih makanan siap saji

Sebagaimana manakan ini pada umumnya memiliki kandungan garam, gula, dan lemak atau juga kolesterol dan sangat rendah akan nutrisi penting, misal protein, mineral, dan vitamin.

Saat jenis makanan ini dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat anak memiliki risiko diabetes, tekanan darah tinggi, dan kegemukan atau obesitas. Contoh dari makanan siap saji yakni kentang goreng, pizza, minuman bersoda, es krim dan lain-lain.

Saran yang perlu dicermati oleh orang tua adalah jangan membiasakan diri untuk memesan dan mengonsumsi makanan siap saji, kemudian tak perlu disimpan di rumah. Sebab anak-anak akan dapat meniru kebiasaan dan perilaku orang tuanya.

Cara alternatif, dengan membiasakan untuk mengonsumsi makanan sehat yang kemudian dapat disediakan setiap waktu di rumah.

BACA JUGA:Berikut 6 Manfaat Mengonsumsi Brokoli Bagi Anak-anak, Salah Satunya Memperkuat Tulang dan Gigi

6. Tak ingin makan setelah kemarin banyak makan

Anak usia 12 bulan hingga 3 tahun, umumnya akan mengalami hal ini. Ada saat ia begitu berselera makan sesuatu, hanya saja diesok harinya ia tak ingin makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: