KPU

10 Larangan di Bulan Dzulhijjah, Riya saat Beramal Salah Satunya

10 Larangan di Bulan Dzulhijjah, Riya saat Beramal Salah Satunya

Ilustrasi. Larangan di bulan Dzulhijjah.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah lainnya adalah tidak banyak berdoa. Seperti yang diketahui bahwa bulan ini menjadi salah satu waktu yang paling dimuliakan oleh Allah SWT.

Oleh karena itu kamu harus banyak berdoa karena ada hari di mana semua doa-doa akan dikabulkan pada bulan ini. Allah melarang orang yang tidak banyak berdoa dan melalaikan momen ini.

HR. At-Tirmidzi yang berbunyi, "Sebaik-baiknya doa adala di hari Arafah,". 

BACA JUGA:Dibalik Penamaan Hari Tarwiyah dan Arafah, Ada Perintah dalam Mimpi Nabi Ibrahim! Apa Itu?

6. Riya saat Beramal 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah selanjutnya adalah Riya saat beramal. Meskipun pada bulan Dzulhijjah dianjurkan untuk banyak melakukan perbuatan terpuji namun bukan berarti yang melakukan bisa riya, karena hal tersebut termasuk sifat yang paling dibenci Allah SWT.

7. Menganggap Sepele Amalan Sunnah 

Perkara yang dilarang di bulan Dzulhijjah brikutnya adalah menganggap sepele amalan sunnah. Sebagai informasi bahwa pada bulan ini terdapat banyak amalan sunnah yang memberikan imbalan luar biasa.

Bagi muslim yang menyepelekan amalan sunnah akan diganjarkan dosa, hal tersebut karena Allah SWT membenci orang yang menyepelehkan.

BACA JUGA: Niat, Tata Cara, dan Keutamaan Puasa Tarwiyah, Amalan yang Dicintai Allah SWT

8. Tidak Mandi saat Idul Adha 

Perkara yang dilarang pada bulan Dzulhijjah selanjutnya adalah tidak mandi saat sholat Idul Adha. Sholat adalah perantara untuk menghadap kepada-Nya.

Oleh karena itu sebelum menghadap Allah SWT harus dalam keadaan yang suci, bersih, dan wangi. Hal ini disebutkan langsung dalam HR. Al-Baihaqi yang berbunyi: "Seorang lelaki bertanya kepada Ali radhiallahu’anhu tentang mandi, ia menjawab: ‘Mandilah setiap hari jika engkau mau.’ Lelaki tadi berkata: ‘Bukan itu, tapi mandi yang benar-benar mandi.’ Ali menjawab: ‘Mandi di hari Jum’at, Idul Fitri, Idul Adha dan hari Arafah," (HR. Al Baihaqi). 

BACA JUGA:Puasa Tarwiyah Punya Banyak Keutamaan, Pelajari Niat dan Tata Caranya di Sini

9. Memberikan Kesulitan pada Orang Lain 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: