dempo

Bunda, Anak Juga Bisa Alami Depresi, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya

Bunda, Anak Juga Bisa Alami Depresi, Ini Ciri dan Cara Mengatasinya

Bunda, anak juga bisa alami depresi, ini ciri dan cara mengatasinya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BACA JUGA:7 Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak, Salah Satunya Terlalu Memanjakan

Terapi ini ada dan bertujuan untuk dapat membantu pasien agar dapat menghadapi masalah yang mereka miliki dengan sikap dan juga perilaku yang positif. 

2. Mengonsumsi Obat-obatan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi ini adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun hal ini hanya dilakukan apabila psikoterapi yang dilakukan kurang optimal untuk memperbaiki kondisi anak. 

BACA JUGA:Panutan! Ini 5 Tips Parenting Ala Kimbab Family, Cocok untuk Orang Tua Modern

Biasanya jenis obat-obatan yang umum yang digunakan merupakan obat-obatan golongan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI), yaitu kelompok obat yang dapat meningkatkan kadar hormon serotonin di dalam otak sehingga membantu meningkatkan perasaan bahagia.

3. Pendampingan dari Orang Tua

Jika anak mengalami depresi, penting bagi orang tua untuk mendampingi orang tua karena peran mereka sangat penting untuk dapat mengatasi depresi dan juga gangguan mental pada mereka. 

BACA JUGA:Orang Tua Perlu Tahu, Ini 4 Tipe Parenting pada Anak, Sering Lakukan yang Mana?

Tidak hanya itu, orang tua juga harus meluangkan waktu lebih banyak untuk dapat mendengarkan cerita anak dan juga mengajak mereka untuk melakukan aktivitas yang digemari. 

Orang tua juga perlu memastikan jika segala kebutuhan anak telah terpenuhi, termasuk dari pemenuhan makanan sehat anak, mengajak anak untuk rutin berolahraga, dan juga memastikan jika anak memiliki waktu tidur yang cukup. 

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Pola Asuh Kaku, Ternyata Ini Dampak Positif Strict Parents bagi Anak

Demikian beberapa ciri anak mengalami depresi yang perlu orang tua ketahui dan juga cara untuk menanganinya. Yuk jadi orang tua yang terus memperhatikan setiap tumbuh kembang anak! Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: