KPU

Jangan Sepelekan! 5 Sikap Orang Tua Ini Bisa Hancurkan Kepercayaan Diri Anak

Jangan Sepelekan! 5 Sikap Orang Tua Ini Bisa Hancurkan Kepercayaan Diri Anak

Jangan sepelekan! 5 sikap orang tua ini bisa hancurkan kepercayaan diri anak --(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Beberapa orang tua tidak menyadari jika terdapat perilaku mereka yang membuat anak tidak percaya diri atau membuat mereka kehilangan rasa percaya diri

BACA JUGA:7 Tips Parenting untuk Dampingi Anak Usia Dini, Bantu Maksimalkan Usia Emas Anak

Padahal penting bagi orang tua untuk membangun rasa percaya diri anak terutama di masa-masa tumbuh kembang mereka agar anak dapat mudah bersosialisasi dan mengembangkan bakat mereka. 

Sebagai guru pertama yang dimiliki oleh anak, peran orang tua sangat penting untuk dapat membentuk anak yang tangguh dan juga percaya diri. 

BACA JUGA:5 Tanda Orang Tua Terlalu Keras pada Anak, Pernah Lakukan?

Namun sayangnya, tidak semua orang tua dapat menerapkan hal tersebut. Beberapa di antaranya justru tidak menyadari jika sikap atau perilaku mereka justru membuat anak menjadi rendah diri

Kepercayaan diri ini merupakan satu dari sekian banyak hal yang penting untuk dimiliki oleh anak lantaran memainkan peran dalam kehidupan anak-anak, termasuk dalam aspek sosial, akademis, hingga aspek emosional. 

BACA JUGA:Gampang-gampang Susah, Ini 5 Tips Parenting untuk Remaja yang Sulit Ditebak

Jika anak kehilangan rasa percaya diri sebagai aspek penting ini, maka bukan tidak mungkin jika anak akan kesulitan dalam bersosialisasi sehingga dapat meningkatkan resiko perundungan yang dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. 

Oleh sebab itu, sebaiknya sebagai orang tua hindarkan sikap dan perilaku yang dapat menurunkan rasa percaya diri anak ini. 

BACA JUGA:Orang Tua, Jangan Katakan 7 Kalimat Ini pada Anak Karena Bisa Berakibat Fatal, Apa Saja?

Lantas apa saja perilaku orang tua yang buat anak tidak percaya diri ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel berikut. 

Perilaku Orang Tua yang Buat Anak Tidak Percaya Diri

1. Kritik Berlebihan dan Tidak Konstruktif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: