dempo

Pagelaran Budaya di Taba Penanjung Bengkulu Tengah, Sajikan Sarafal Anam hingga Kuda Kepang

Pagelaran Budaya di Taba Penanjung Bengkulu Tengah, Sajikan Sarafal Anam hingga Kuda Kepang

Pagelaran Budaya di Pasar Taba Penanjung menyajikan ragam seni. Diantaranya Marhaban Kecamatan Taba Penanjun, Tari Kreasi yang dibawakan pelajar SMAN 2 Bengkulu Tengah, lagu daerah, dan seni tarian Kuda Lumping.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi BENGKULU kembali menggelar pagelaran budaya tahun 2024.

Menggandeng BETV (Bengkulu Ekspress Televisi), Pagelaran Budaya disiarkan secara live (langsung, red) dari lokasi Pasar Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah pada Kamis 30 Mei 2024 sore.

BACA JUGA:Penggiat Budaya Seluma Gelar Rapat Musyawarah Pra Pagelaran Festival Jaranan

Pagelaran dibuka langsung oleh Adang Parlindungan, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dikbud Provinsi Bengkulu mewakili Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang berhalangan hadir.

Kata Adang, pagelaran budaya di Kabupaten Bengkulu Tengah sudah 4 kali dilaksanakan termasuk hari ini (Kamis, red).

BACA JUGA:Pagelaran Campur Sari HUT Provinsi Bengkulu ke-55, Sukses Digelar di Rejang Lebong

Sebelumnya berlangsung dengan meriah dan lancar di Kecamatan Pondok Kelapa yakni Seni Kuda Kepang, di Desa Sri Kuncoro, Desa Tanjung Terdana.

Tahun ini juga, lanjut Adang pihaknya mengusulkan 2 budaya dari Bengkulu Tengah diusulkan menjadi warisan budaya tak benda atau WBTB yakni senjata tradisional Rudus dan Batik Sungai Lemau.

Pagelaran Budaya di Pasar Taba Penanjung  menyajikan ragam seni. Diantaranya Marhaban Kecamatan Taba Penanjun, Tari Kreasi yang dibawakan pelajar SMAN 2 Bengkulu Tengah, lagu daerah, dan seni tarian Kuda Lumping.


BACA JUGA:Meriahkan HUT Provinsi Bengkulu ke-55, Yurman Hamedi Gelar Pagelaran Budaya di Desa Karya Bakti 

“Pagelaran Budaya sebagai bentuk mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya. Untuk mewujudkan Bengkulu sejahtera, maju dan hebat. Selain itu tahun ini ada 2 kebudayaan dari Bengkulu Tengah yang akan diusulkam sebagai Warisan Budaya Tak Benda yakni Rudus dan Batik Sungai Lemau,” kata Adang Parlindungan.


“Melestarikan budaya dan seni pun merupakan salah satu dari program prioritas Gubernur Rohidin Mersyah bersama wakilnya Rosjonsyah,” tutup Adang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: