dempo

Bukan Hanya Menimbun Barang, Ini Gejala dan Risiko Gangguan Hoarding Disorder

Bukan Hanya Menimbun Barang, Ini Gejala dan Risiko Gangguan Hoarding Disorder

Ilustrasi. Bukan hanya menimbun barang, ini gejala dan risiko gangguan hoarding disorder bagi kesehatan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Hoarding disorder adalah salah satu gangguan mental yang membuat seseorang hobi menimbun barang yang tidak terpakai. Berikut ini ada beberapa gejala dan risiko dari gangguan tersebut bagi kesehatan.

Hobi menyimpan barang merupakan kebiasaan yang umum dilakukan banyak orang. Namun, tidak semua orang akan menyimpan atau menimbun barang yang tak terpakai.

BACA JUGA:5 Tanda Kamu Punya Gangguan Kecemasan, Nomor 3 Sulit Dimengerti

Berbeda dari orang pada umumnya, penderita hoarding disorder inilah yang memiliki hobi menimbun benda sekalipun itu tidak dipakai.

Bahkan mereka akan merasa nyaman dan biasa saja jika barang berantakan atau tidak diletakkan pada tempatnya. Yang dianggap orang lain sesak, tapi penderita tidak mempermasalahkannya.

Jika kamu atau orang terdekatmu memiliki beberapa gejala atau tanda ini, bisa jadi orang tersebut mengalami hoarding disorder.

BACA JUGA:Gejala dan Penyebab Gangguan OCD yang Jarang Kamu ketahui

Ada anggapan bahwa barang itu akan berguna di kemudian hari, memiliki nilai, atau berharga. Hoarding disorder yang memiliki nama lain hoarder, ia menimbun barang-barang dengan sembarangan dan tak merawatnya. 

Dalam hal lainnya, barang yang telah dikoleksi hoarder tersebut tidak memiliki kegunaan maupun nilai.

Sehingga, jika tidak segera dibersihkan akan membuat rumah terlihat berantakan, dapat membuat ruang gerak terbatas, serta bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan.

BACA JUGA:Hati-hati, Ini 6 Gangguan Otak yang Perlu Diwaspadai, Ada Epilepsi hingga Ataxia

Berikut gejala dan risiko bagi penderita gangguan mental ini yang perlu diketahui.

Gejala hoarding disorder

1. Merasa sangat sulit jika harus membuang barang yang sebenernya tak dibutuhkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: