dempo

Bukan Hanya Pahit! Ini Karakteristik Kopi Robusta yang Banyak Digemari di Indonesia, Intip Juga Jenisnya

Bukan Hanya Pahit! Ini Karakteristik Kopi Robusta yang Banyak Digemari di Indonesia, Intip Juga Jenisnya

Bukan hanya pahit! Ini karakteristik kopi robusta yang banyak digemari di Indonesia, intip juga jenisnya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

1. Kopi Robusta Sumatera

Seperi namanya, kopi robusta yang satu ini berasal dari daerah Sumatera Utara dan Sumatera Barat dan memiliki rasa yang kuat, pahit, serta memiliki aroma yang tajam.

2. Kopi Robusta Bali

Kopi robusta yang satu ini berasal dari Bali dan juga memiliki rasa yang kuat dan pahit serta aroma khas yang tajam. Kopi robusta yang satu ini mampu menciptakan harmoni rasa pada kreasi sajian kopi. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Pahit, Kenali Karakteristik dan Jenis Robusta, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

3. Kopi Robusta Gayo

Kopi robusta gayo berasal dari Aceh, kopi ini memiliki rasa kuat dan pahit deengan aroma khas yang bercita rasa seperti buah-buahan. Penikmat kopi mengklaim kopi robusta gayo terasa enak dan sedap. 

4. Kopi Robusta Lampung

Kopi robusta yang satu ini berasal dari wilayah Lampung yang memiliki rasa kuat serta pahit dengan aroma khas. Kopi yang satu ini seringkali dianggap nikmat saat dibuat menjadi kopi susu (kopi tubruk). 

BACA JUGA:Jangan Hanya Jadi Penikmat Saja! Ketahui Juga Jenis dan Karakteristik Rasa Kopi Arabika Ini

5. Kopi Robusta Sindikalang

Kopi yang satu ini terkenal sebagai kopi paling beraroma karena memiliki aroma yang khas dan membuat penikmat kopi menyukai aromanya. Kopi yang satu ini memiliki kesan gurih meski disaat yang bersamaan juga tetap terasa pahit seperti kopi robusta lainnya. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Obat Ngantuk! Ini Sederet Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Tubuhmu, Sudah Tahu?

Demikian informasi mengenai karakteristik dan jenis kopi robusta yang mejadi salah satu kopi yang paling dikenal oleh masyarakat. Semoga informasi ini bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: