dempo

Perlambat Pembekuan Darah hingga Sebabkan Gangguan Kemoterapi, Ini 4 Efek Samping Makan Buah Manggis Berlebih

Perlambat Pembekuan Darah hingga Sebabkan Gangguan Kemoterapi, Ini 4 Efek Samping Makan Buah Manggis Berlebih

Ilustrasi. Efek samping makan buah manggis berlebih.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Manggis merupakan buah yang lezat dan populer di Indonesia, namun jika terlalu banyak makan buah manggis dapat menimbulkan beberapa efek samping, yuk simak penjelasannya.

Buah manggis memiliki nama latin Garcinia mangostana dan merupakan tanaman asli dari tanah Indonesia yang tumbuh subur di iklim tropis dengan ketinggian 400-800 meter di atas permuakaan laut.

Memiliki rasa yang manis dan sedikit asam membuat buah ini terasa sangat segar, tidka heran jika buah manggis sanggat digemari oleh masyarakat.

BACA JUGA:6 Buah Ini Bisa Dikonsumsi Ibu Hamil, Baik untuk Kesehatan Janin dan Kaya Vitamin

Namun meskipun buah manggis sangat lezat, kamu tidak dianjarkan untuk makan terlalu banyak karena mengkonsumsi manggis berlebih bisa menyebabkan timbulnya efek samping.

Salah satu efek samping makan buah manggis berlebih adalah membuat pembekuan darah berlangsung lebih lama dari biasanya.

Hal ini membuat buah manggis tidak terlalu baik dikonsumsi jika kamu memiliki luka karena akan lebih lama sembuh.

Tidak hanya itu, makan buah manggis berlebih juga bisa menyebabkan masalah pencernaan, asidosis laktat, dan ganggu peroses kemoterapi.

Dilansir dari laman resmi kompas.com, berikut efek samping makan buah manggis berlebih:

BACA JUGA:Cegah Kanker dan Sakit Jantung, Ini 9 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

1. Memperlambat pembekuan darah 

Efek samping makan buah manggis berlebih yang pertama adalah memperlambat proses pembekuan darah. Hal ini membuat luka lebih lama mengering dan juga beresiko membuat pendarahan.

Diketahui bahwa proses pembekuan darah sangat penting bagi tubuh, sedangkan makan manggis bisa menggangu proses tersebut karena terdapat kandungan xanthone di dalamnya.

Xanthone membuat tubuh tidak bisa membekukan darah dalam waktu yang seharusnya, sehingga hal ini dapat membuat seseorang mengalami pendarahan parah saat sedang terluka.

Dengan demikian, makan buah manggis belebih tidak baik bagi seseorang yang kerap terluka atau cidera. Apalagi jika kamu ingin melakukan tindakan oprasi, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah manggis karena bisa menyebabkan pendarahan hebat, sebaikknya kamu tidak makan manggis stidaknya 2 minggu sebelum tindakan.

BACA JUGA:12 Manfaat Kopi untuk Kesehatan Tubuh, Turunkan Berat Badan hingga Jaga Kesehatan Jantung

2. Masalah pencernaan 

Efek samping makan buah manggis berlebih selanjutnya adalah membantu masalah pencernaan. Hal tersebut karena buah manggis memiliki kandungan serat yang berfungsi secara efektif melancarkan pencernaan.

Namun jika buah manggis dikonsumsi terlalu banyak, maka pencernaan akan terlalu lancar sehingga membuat mencret atau diare.

Diketahui, serat berfungsi untuk meningkatkan bakteri baik di dalam usus, dengan begitu fases menjadi lunak dan lebih mudah dikeluarkan. Oleh karena itu tidak boleh mengkonsumsi buah manggis secara berlebih karena fases akan menjadi sangat encer kemudian menimbulkan rasa mules yang berlebih.

Masalah pencernaan sebenarnya umum terjadi jika makan buah terlalu banyak, itulah sebabnya dilarang makan manggis berlebih.

BACA JUGA:Cek 5 Manfaat Body Lotion Untuk Kesehatan Kulit, Tidak Hanya Melembabkan, Tapi Bisa Bikin Tubuh Lebih Rileks

3. Potensi asidosis laktat

Efek samping makan buah manggis berlebih berikutnya adalah dapat menimbulkan potensi asidosis laktat atau penumpukan asam laktat dalam aliran darah.

Kondisi ini bisa menimbulkan rasa mual yang teramat bahakan dapat membuat syok dan kematian. Hal tesebut karena kadar asam yang terlalu banyak di dalam tubuh dapat merusak sel lain.

Oleh karena itu sebaiknya konsumsi buah manggis secukupnya saja, meskipun rasanya lezat buah ini bahaya jika dikonsumsi terlalu banyak.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan, Jaga Mata hingga Kurangi Resiko Sakit Jantung

4. Ganggu kemoterapi 

Efek samping makan buah manggis berlebih yang terakhir adalah dapat mengganggu kemoterafi. Hal ini sudah pernah dilakukan penelitian pada tahun 2006, yang meneliti apakah benar suplemen dari buah manggis dapat mengatasi kanker dengan membunuh selnya.

Namun penelitian tersebut menemukan bahwa sifat antioksidan di dalam buah manggis dapat menggangu radikal bebas dalam tubuh, hal ini baik jika dalam keadaan normal.

Naum jika kamu sedang melakukan kemoterafi, antioksidan tersebut dapat menggangu proses kemoterapi, dengan begitu buah manggis tidak dianjurkan dikonsumsi terllau banyak jika sedang dalam kondisi kemoterapi.

Itulah beberapa efek samping makan buah manggis berlebih, semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: