dempo

Jukir Kembali Tarik Retribusi Parkir di Alfamart, Ini Tanggapan Pemkot Bengkulu

Jukir Kembali Tarik Retribusi Parkir di Alfamart, Ini Tanggapan Pemkot Bengkulu

Juru parkir (jukir) kembali beroperasi dan menarik retirbusi parkir di 44 gerai dari total 58 gerai minimarket waralaba Alfamart di Kota Bengkulu selama beberapa hari terakhir ini. --(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Juru parkir (jukir) kembali beroperasi dan menarik retirbusi parkir di 44 gerai dari total 58 gerai minimarket waralaba Alfamart di Kota BENGKULU selama beberapa hari terakhir ini. 

Padahal sebelumnya, Pemkot bersama Polresta dan Alfamart telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU terkait tidak adanya retribusi parkir (gratis) digerai-gerai Alfamart di Kota Bengkulu, pada Rabu 22 Mei 2024.

BACA JUGA:Disnakkeswan Provinsi Bengkulu: 43.000 Ekor Kambing Siap Dikurbankan di Hari Raya Idul Adha

Hal ini untuk menindaklanjut banyaknya juru parkir liar yang memungut retribusi pelanggan Alfamart di Kota Bengkulu.

Ketika diwawancara awak media soal hal tersebut, Asisten 1 Pemda Kota Bengkulu, Eko Agusrianto menyerahkan sepenuhnya kewenangan pengelolaan parkir tersebut kepada pihak Alfamart.

BACA JUGA:Pemandangan Antrean Panjang di Sejumlah SPBU di Kota Bengkulu Pasca Sepekan Insiden Kapal Tongkang

"Kalau Pemerintah Kota tidak terlalu ikut campur, semua kewenangan ada pada Alfamart. Sama seperti BIM yang telah membayar pajak parkir, bagaimana prosedur pengelolaan lahan parkirnya diserahkan sepenuhnya ke pihak BIM," kata Eko Agusrianto, Jumat 7 Juni 2024.

BACA JUGA:Isu Kejaksaan Superbody, Suparji Ahmad: Serangan Balik Koruptor

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu, Dr. Nurlia Dewi, SH, MH.

"Alfamart itu bentuknya pajak parkir karena mereka statusnya adalah pemilik lahan. Kalau di Perda, pemilik lahan itu dikenakan pajak parkir. Setelah itu, pemilik lahan bebas untuk menarik retribusi parkir atau tidak. Juga berhak untuk menentukan siapa juru parkirnya," kata Dr. Nurlia Dewi, SH, MH.

BACA JUGA:Kembali Bermunculan, Dinsos Tertibkan Manusia Silver di Jalanan Kota Bengkulu

Sementara itu, pihak Alfamart juga pernah menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah memungut biaya parkir bagi konsumen yang berbelanja.

"Alfamart tidak pernah memungut biaya parkir konsumen yang berbelanja," kata Solihin selaku Corporate Affairs Director PT. Sumber Alfaria Trijaya TBK.

BACA JUGA:Progres dan Estimasi Perbaikan Pipa Pertamina Pulau Baai Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: