dempo

Meningkatkan Gula Darah, Intip Sejumlah Efek Samping Mengonsumsi Buah Melon Terlalu Banyak

Meningkatkan Gula Darah, Intip Sejumlah Efek Samping Mengonsumsi Buah Melon Terlalu Banyak

Ilustrasi. Meningkatkan Gula Darah, Intip Sejumlah Efek Samping Mengonsumsi Buah Melon Terlalu Banyak--(Sumber Foto: web/pixabay)

Efek samping pertama yang mungkin terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi buah melon adalah meningkatnya kadar gula di dalam darah atau peningkakan glukosa di dalam tubuh. 

Efek ini akan semakin buruk jika kamu telah mengidap penyakit diabetes. Hal ini lantaran indeks glikemik melon yang cukup tinggi yaitu sekitar 65. 

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Melon untuk Kecantikan, Bikin Wajah Cerah Merona dan Glowing Alami

Meski jumlah kandungan air di dalam melon mencapai 90% menurut beratnya, namun di dalam buah mellon ini juga mengandung 9 gram gula di dalamnya sehingga sebaiknya konsumsi buah yang satu ini secukupnya. 

2. Masalah Pencernaan

Efek samping mengonsumsi melon berlebihan yang selanjutnya adalah dapat mengganggu saluran pencernaan sehingga menyebabkan masalah pencernaan. 

BACA JUGA:Ampuh Cegah Dehidrasi, Buah Melon Tawarkan 10 Kebaikan Ini untuk Kesehatan, Cek Sekarang

Selain itu, terdapat penelitian oleh Dr. Vasant Lad di daam bukunya Ayurvedic Home Remedies yang menyarankan untuk mengonsumsi melon sendirian dalam artian tidak mencampurnya dengan makanan apapun. 

Tidak hanya itu, sebaiknya jangan minum air setelah mengonsumsi terlalu banyak semangka dan juga melon karena hal ini dapat mempengaruhi saluran pencernaan. 

BACA JUGA:Kulit Cantik Paripurna Berkat Buah Melon, Cek dan Buktikan Sendiri Manfaatnya

Buah melon terdiri dari air, gula dan juga serat sementara mikroba atau bakteri memerlukan air dan gula untuk berkembang. Oleh sebab itu, jika kamu minum air setelah mengonsumsi melon, maka mikroba dapat menyebar dan melintasi saluran pencernaan. 

3. Resiko Kehilangan Makronutrien Penting

Mengonsumsi buah melon berlebihan dapat meningkatkan resiko kehilangan makronutrien penting lainnya baik tubuh karena tubuhmu terlalu kenyang untuk dapat mengonsumsi makanan lainnya. 

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan, Cegah Dehidrasi hingga Sehatkan Tulang

Padahal makanan lai ini mengandung banyak nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh seperti lemak dan juga protein yang sehat. Untuk itu, imbangi konsumsi buah melon dengan makanan bernutrisi lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: