KPU

Siap-siap! Dinas TPHP Mulai Verifikasi Data Calon Penerima Bantuan Alsintan

Siap-siap! Dinas TPHP Mulai Verifikasi Data Calon Penerima Bantuan Alsintan

M. Rizon Kepala Dinas PTHP Provinsi Bengkulu, saat dimintai keterangan.--(Sumber Foto: Abdu/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, akan mulai melakukan verifikasi terhadap proposal kelompok tani (Poktan) calon penerima bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) untuk tahun 2024.

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu M. Rizon mengatakan, program bantuan alsintan ini sudah memasuki tahap akhir proses pengadaan. Mulai dari hand traktor, hand sprayer, mesin pemotong rumput cultivator hingga pompa air. 

BACA JUGA:Gandeng Toyota, DLHK Provinsi Bengkulu Gelar Uji Emisi Gratis

Akan tetapi, sebelum dibagikan usulan proposal yang dimasukkan akan diverifikasi terlebih dahulu. Hal inipun untuk memastikan bantuan tepat sasaran, dan memang sesuai dengan kegunaan bidang usaha. Dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Bengkulu. 

BACA JUGA:DPRD Provinsi Bengkulu Bahas Jawaban Gubernur Terhadap Pandangan Fraksi-fraksi

"Kita akan mulai verifikasi proposal yang masuk dengan kita untuk kelayakan penerima alsintan. Proposal yang masuk pun cukup banyak, mulai dari tiap kabupaten kota dan tinggal kita verifikasi," ungkap M. Rizon, Jum'at 21 juni 2024.

Untuk proses verifikasi sendiri, akan meliputi pengecekan data kelompok tani yang telah mengajukan usulan, termasuk pengecekan data yang terdapat didalam sistem informasi penyuluh pertanian (Simluhtan) disertai data dan syarat lain. Yang mana proses ini akan dilakukan selama kurang lebih selama satu bulan kedepan. 

BACA JUGA:Pasca Idul Adha, Cek Harga TBS Kelapa Sawit di Bengkulu Utara

"Untuk proses verifikasi diperkirakan satu bulan kedepan. Kalau pengajuan, yang terbanyak itu dari Kaur," tambahnya. 

Berdasarkan data dari Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, untuk tahun 2024 ini, Pemprov Bengkulu menyiapkan sebanyak 1.118 bantuan alsintan untuk kelompok tani di Provinsi Bengkulu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: