dempo

Selain Tidur, Kamu Perlu Lakukan 7 Istirahat Ini, Biar Makin Produktif dan Cegah Rasa Lelah

Selain Tidur, Kamu Perlu Lakukan 7 Istirahat Ini, Biar Makin Produktif dan Cegah Rasa Lelah

Ilustrasi. Selain tidur, berikut ini beberapa istirahat yang diperlukan, biar makin produktif fan cegah rasa lelah.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:5 Penyebab Baby Blues Syndrome yang Tidak Boleh Disepelekan, Kurang Tidur Salah Satunya

Istarahat sensorik misalnya setelah berlama-lama di depan laptop/hp, mata juga perlu istirahat, redupkan lampu yang terlalu terang dan suara yang terlalu keras, memakai aromaterapi, serta waktu hening yang diperlukan.

3. Istirahat mental

Istirahat mental mempengaruhi pikiran yang mananggung beban dalam otak, hal ini menampung banyak persoalan. Bicara soal mental, ini tidak terlepas dari kondisi pikiran setiap orang.

Sehingga ketika situasi dalam otak kita sedang kacau atau penuh, tak dapat dipungkiri bahwa hal tersebut membuat seseorang tidak dapat berkonsentrasi.

BACA JUGA:8 Cara Cepat Supaya Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari, Salah Satunya Matikan Lampu

Jika hendak memulihkan pikiran terutama saat merasa kesulitan berkonsentrasi dapat melakukan hal ini:

- Kamu dapat mendengarkan music ataupun menonton film.

- Dengan journaling dapat mengungkapkan rasa syukur atas sebuah pencapaian-pencapaian kecil, bahkan kegundahan hati secara tertulis.

- Dapat membatasi penggunaan gadget yang menyita banyak energi.

Istirahat mental dapat dilakukan dengan: mengambil jeda sejenak, jalan-jalan di alam, mendengarkan musik tenang ataupun bermain dengan hewan.

BACA JUGA:5 Manfaat Bacakan Buku pada Anak Sebelum Tidur, Bisa Latih Daya Ingat hingga Kembangkan Imajinasi Si Kecil

4. Istirahat fisik

Jenis istirahat yang satu ini sudah sangat umum, sebagaimana hal ini berkaitan dengan aktivitas fisik dalam sehari-hari. Kurangnya tidur ini biasanya disebabkan oleh banyak melibatkan pekerjaan atau aktivitas fisik, sehingga paling mudah merasakan kelelahan.

Dengan tidur yang cukup setiap hari, dalam 7-8 jam digunakan untuk beristirahat. Hal ini dilakukan agar tubuh dapat kembali stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: