KPU

Efektif Tingkatkan Energi Baik, Ini 10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan

Efektif Tingkatkan Energi Baik, Ini 10 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan

Ilustrasi. Manfaat mandi pagi untuk kesehatan.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Mandi pagi efektif meningkatkan energi kebaikan, yuk simak manfaat lainnya untuk kesehatan di sini.

Sebagai informasi mandi adalah kegiatan membersihkan diri dari kotoran yang menempel selama kegiatan sehari-hari.

Idealnya, mandi dilakukan 2 kali dalam sehari yakni pada pagi dan sore hari. Namun, tidak hanya untuk membersihkan diri, mandi ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan terkhusus mandi pagi.

Dikatakan mandi pagi dapat meningkatkan energi kebaikan, hal ini tentu saja sangat bermanfaat karena sebelum memilai kegiatan, perasaan harus terasa baik terlebih dahulu agar kegiatan yang akan dijalani dapat berlangsung dengan baik.

BACA JUGA:7 Bahaya Mandi Malam untuk Kesehatan, Perburuk Gejala Rematik hingga Tingkatkan Resiko Hipotermia

Selain itu, mandi pagi juga dapat mengatasi hidung tersumbat. Itulah mengapa saat flu banyak orang mandi pagi-pagi agar hidung yang tersumbat dapat legah kembali.

Tidak hanya itu, ada banyak manfaat mandi pagi untuk kesehatan antara lain, atasi jerawat di wajah, melancarkan peredaran darah, redakan batuk, nyeri otot, hingga tingkatkan sel darah putih. Melansir dari Gramedia.com, berikut manfaat mandi pagi untuk kesehatan:

1. Meningkatkan energi kebaikan

Selain menyegarkan mandi pagi ternyata sangat baik untuk meningkatkan enaergi baik. Hal ini karena mandi pagi dapat memberikan efek ketenangan pada badan hingga mood menjadi positif. 

BACA JUGA:Kenali 8 Manfaat Buah Bengkoang Ini Untuk Kesehatan, Kandungannya Ampuh Mencegah Stroke

Mandi pagi juga dipercaya dapat meredahkan stres akibat kelelahan, hal ini karena mandi pagi dapat memperlancar sirkulasi dan aliran darah ke otak.

2. Kalahkan Wajah Berjerawat

Manfaat selanjutnya dari mandi pagi adalah dapat membantu menyembuhkan jerawat pada wajah. Hal ini telah dilakukan penelitian oleh University of Pennsylvania, sebab mandi pagi dapat membersikan minyak berlebih pada wajah setelah menumpuk semalaman pada saat tidur.

3. Memperlancar peredaran darah

Selain dapat meredahkan jerawat, mandi pagi juga dipercaya bisa melancarkan peredaran darah. Hal ini karena mandi pagi memberikan sensasi rileks hingga membuat peredaran darah lancar. Penelitian ini sudah dilakukan oleh Blood Platelet Research Institute di Inggris.

BACA JUGA:Kuatkan Tulang dan Gigi, Ini 8 Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan, Anak-Anak Boleh Makan

4. Meningkatkan kesehatan jaringan tubuh

Manfaat mandi pagi selanjutnya adalah ampuh meningkatkan kesehatan jaringan tubuh. Mandi pada pagi hari dapat membuat kulit lebih sehat dan kenyal. 

Tidak hanya itu, mandi pagi jauga membantu mengurangi flek hitam, minyak berlebih, hingga dapat membuat kuku lebih kuat, sehat dan tidak mudah patah.

5. Membuat rambut lebih sehat

Manfaat mandi pagi selanjutnya adalah dapat membuat rambut lebih sehat, hal ini karena mandi pagi dapat membersikan kulit kepala dari kotoran yang menempel saat tidur. 

Sebagai informasi, selama tidur kepala akan memproduksi keringat yang dapat menyebabkan ketombe. Oleh karena itu mandi pagi dapat membuat rambut lebih sehat.

BACA JUGA:Inilah Sederet Manfaat Air Putih untuk Kesehatan, Berkhasiat Paling Ampuh Atasi Sakit Kepala

6. Meredakan batuk

Manfaat mandi pagi yang belum banyak orang tahu adalah dapat meredakan batuk. Uap air saat pagi hari dapat mengendurkan lendir yang terbentuk selama tidur. 

Selain itu, mengubah kadar norepinefrin kimia otak, yang membantu membangkitkan emosi, energi dan vitalitas.

7. Meredakan nyeri otot

Selain dapat mengobati batuk mandi pagi ternyata dapat meredakan nyeri otot. Hal ini karena efek relasksasi yang di timbulkan saat mandi. Aliran air yang membasahi tubuh dapat menenangkan otot yang tegang dan nyeri.

8. Meredakan depresi

Sensasi menyegarkan dari aliran air yang membasahi tubuh saat mandi pagi dapat meredahkan depresi. hal ini karena tubuh terasa lebih tenang sehingga pikiranpun ikut rileks.

BACA JUGA:Tidak Sepenuhnya Buruk, Stres Ternyata Baik untuk Kesehatan, Ini Manfaatnya

9. Meningkatkan sel darah putih

Manfaat mandi pagi selanjutnya adalah dapat meningkatkan sel darah putih dalam darah. Di sisi lain, peningkatan sel darah putih membantu tubuh melawan berbagai bakteri.

10. Mengatasi Hidung Tersumbat

Siapa yang jika sedang flu dianjurkan mandi pagai agar cepat sembuh? Hal ini tidak salah, sebab mandi pagi dapat mengendurkan lendir yang menumpuk di dalam hidung saat malam hari. 

Oleh karena itu, mandi pagi dapat mengatasi flu secara alami. Demikian manfaat mandi pagi untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: