dempo

Speech Delay Bisa Ganggu Aktivitas dan Perkembangan Anak, Segera Atasi dengan 5 Cara Ini

Speech Delay Bisa Ganggu Aktivitas dan Perkembangan Anak, Segera Atasi dengan 5 Cara Ini

Ilustrasi. Speech delay bisa ganggu aktivitas dan perkembangan anak, segera atasi dengan 5 cara ini--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Gangguan bicara seperti speech delay pada anak dapat mengganggu aktivitas mereka sehingga penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mengatasi speech delay pada anak ini. 

BACA JUGA:7 Cara Cegah Speech Delay pada Anak, Peran Orang Tua Jadi yang Utama

Speech delay atau keterlambatan berbicara ini sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik seperti faktor genetik, faktor lingkungan, dan juga kesehatan. 

Bukan hanya itu saja, speech delay ini juga dapat dapat disebabkan oleh gangguan pendengaran, kurangnya stimulasi verbal dari orang lain, keterlambatan perkembangan secara umum hingga masalah psikologis yang dialami anak. 

BACA JUGA:Speech Delay, Gangguan Bicara pada Anak yang Perlu Diwaspadai, Apa Itu?

Orang tua dapat segera mengetahui jika anak menunjukkan tanda speech delay ini lantaran saat berusia dua tahun anak seharusnya telah mengucapkan sekitar 50 kata. 

Tidak hanya itu, mereka juga seharusnya telah mampu untuk berbicara dalam dua atau tiga kosa kata dan akan meningkat seiring bertambahnya usia. 

BACA JUGA: Waspada! Beri Gadget pada Anak Bisa Sebabkan Speech Delay, Intip Penyebab Lainnya

Namun pada anak yang mengalami speech delay ini, perkembangannya lebih lambat sehingga orang tua sebaiknya mengetahui kondisi ini mengingat kemampuan bicara merupakan hal yang sangat penting bagi anak. 

Pasalnya jika kondisi tersebut tidak segera diatasi, masalah speech delay ini dapat membuat anak mengalami kesulitan dalam mengekspresikan diri atau memahami orang lain. 

BACA JUGA:Anak Kesulitan Tiru Suara? Awas Bisa Jadi Tanda Speech Delay, Ini Ciri Lainnya

Lantas bagaimana cara untuk mengatasi speech delay pada anak ini? Berikut telah BETV rangkum beberapa cara untuk mengatasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Cara Mengatasi Speech Delay pada Anak

1. Rajin Mengajak Anak Bicara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: