dempo

Turunkan Resiko Anemia pada Masa Kehamilan, Ini 7 Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

Turunkan Resiko Anemia pada Masa Kehamilan, Ini 7 Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

Ilustrasi. Manfaat buah salak untuk ibu hamil.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Buah salak sangat baik dikonsumsi pada masa kehamilan, yuk simak manfaat kesehatannya untuk ibu hamil di sini.

Diketahui buah salak adalah salah satu buah asli Indonesia yang dapat tumbuh subur dari ketinggian 200 hingga 700 m di atas permukaan laut dengan iklim basah.

Jika dilihat dari bentuknya buah salak sangat unik karena memiliki kulit bersisik berwarna kecoklatan. Rasanya manis dan sedikit kecut namun menyegarkan, tidak heran jika buah salak sangat disukai.

Namun ternyata tidak hanya lezat buah salak juga sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena dapat menunjang kesehatan selama mengandung.

BACA JUGA:Mengandung Air dan Serat Tinggi, Inilah 8 Manfaat Mengonsumsi Buah Melon untuk Kesehatan Ibu Hamil

Menurut beberapa penelitian buah salak mampu mencegah anemia pada masa kehamilan, menambah energi, menguatkan tulang, mencegah sembelit dan melindungi sel sel tubuh.

Manfaat tersebut didukung oleh beragam kandungan yang terdapat di dalam buah salak itu sendiri adapun kandungan yang dimaksud adalah protein, zat besi, karbohidrat, kalsium, zinc, fosfor, kalium, tembaga, hingga vitamin A dan C.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat buah salak untuk ibu hamil dan baik untuk kesehatannya.

BACA JUGA:Tinggi Asam Folat, Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai untuk Ibu Hamil

1. Meningkatkan energi saat hamil

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa buah salak dapat meningkatkan stamina dan merangsang metabolisme, sehingga bisa menjadi sumber energi.

Dengan kandungan karbohidrat yang ada di dalam salak mampu meningkatkan energi sepanjang hari. Lantas hal ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil.

2. Dapat mengurangi morning sickness

Tidak sedikit ibu hamil tentu pernah mengalami morning sickness. Kondisi saat seseorang mengalami mual-mual atau muntah yang kerap terjadi di pagi hari.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Buah Leci Bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Bayi Lahir Cacat

Kondisi ini bisa dialami bumil saat masa awal kehamilannya. Bahkan membuat nafsu makan ibu hamil tersebut menurun dan bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Meski kerap kali terjadi, namun biasanya akan segera mereda saat setelah usia kehamilan masuk ke trimester 2 dan 3. Banyak dari mereka merasa terbebani dengan kondisi ini sebab tidak mudah makan dan minum.

Sehingga diperlukan bagi bumil untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan kalium. Kandungan ini biasanya dapat kamu jumpai pada buah-buahan, misalnya salak, pisang, lemosn, tomat, hingga jeruk.

BACA JUGA:Aman Dikonsumsi, Ini 6 Manfaat Air Kelapa bagi Ibu Hamil, Dapat Memenuhi Asupan Cairan Tubuh

3. Mengelola diabetes

Dalam penelitian Asian Pacific Journal of Tropical Medicine pada hewan terbaru, kandungan polifenol tinggi dalam cuka olahan buah salak dapat memberikan efek bagi profil lipid subjek diabetes yang dirawat.

Bahkan diketahui kadar glukosa darah dapat menurun, hal ini bisa menjadi manfaat bagi ibu hamil.

4. Mampu menurunkan risiko anemia

Manfaat salak bagi ibu hamil diketahui dapat menurunkan risiko anemia. Sebagaimana ibu hamil sangat membutuhkan darah yang cukup banyak dari biasanya.

BACA JUGA:Kurangi Gejala Depresi di Masa Kehamilan, Ini 8 Manfaat Buncis untuk Ibu Hamil

Sehingga, jika darah tersebut tidak tercukupi untuk ibu hamil, dapat membuatnya terkena anemia. Berkat kandungan zat besi dalam salak inilah yang dapat menurunkan anemia bagi bumil.

5. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat lain salak yakni dapat menjaga kesehatan tulang untuk ibu hamil. Diketahui kandungan seperti asupan mineral berupa kalsium sangat diperlukan untuk tubuh, sehingga dapat menjaga agar tulang kuat.

Bumil disarankan mengonsumsi buah salak sesuai kebutuhan, hal tersebut dapat menambah asupan kalsiumnya. Selain itu, dapat pula mencegah terjadinya osteoporosis bagi ibu hamil.

BACA JUGA:Saat Masa Kehamilan, 7 Minuman Sehat Ini Sangat Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

6. Dapat mengatasi sembelit

Diketahui ibu hamil cukup rentan terkena sembelit, hal ini terjadi karena peningkatan hormon progesterone yang membuat usus melambat.

Sehingga dibutuhkan kecukupan serat harian, bumil dapat mengonsumsi buah-buahan seperti salak. Selain itu, diperlukan konsumsi air putih yang cukup agar dapat mencegah sulit BAB.

BACA JUGA:Selain Bagus untuk Ibu Hamil, Ternyata Bayam Merah Punya Segudang Manfaat Lain Untuk Tubuh, Cek Disini

7. Mencegah kerusakan pada sel

Kandungan pada buah salak berupa flavonoid memiliki sifat antioksidan, hal ini bisa membantu menangkal efek radikal bebas dan mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh ibu hamil.

Tidak hanya konsumsi buah salak saka, nutrisi lainnya dapat bumil penuhi dengan konsumsi makanan seperti ikan, daging, ayam, kacang-kacangan, olahan susu, hingga lemak sehat. Sehingga bumil dan janin tetap sehat. Terlebih tidak lupa untuk selalu kontrol ke dokter untuk meninjau konsisi ibu hamil dan janinnya.

BACA JUGA:Miliki Kandungan Gizi Kompleks, Ini 5 Manfaat Buah Sukun untuk Ibu Hamil

Demikian informasi mengenai manfaat buah salak untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: