dempo

Waspada 4 Dampak Gaslighting Ini Bisa Rugikan Dirimu, Jauhi Jika Terjadi

Waspada 4 Dampak Gaslighting Ini Bisa Rugikan Dirimu, Jauhi Jika Terjadi

Ilustrasi. Waspada 4 dampak gaslighting ini bisa rugikan dirimu, jauhi jika terjadi--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Kamu perlu menghindari hubungan tidak sehat seperti gaslighting lantaran terdapat banyak dampak perilaku gaslighting ini yang dapat merugikanmu sebagai korban. 

BACA JUGA:7 Tanda Perilaku Gaslighting yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Suka Memutarbalikkan Fakta

Hal ini lantaran para pelaku gaslihting seringkali dengan sengaja menyebabkan lawan bicaranya menjadi merasa tidak yakin pada kewarasannya sehingga tentunya dapat sangat berbahaya. 

Jika kondisi ini terjadi dalam hubungan jangka panjang, maka pasangan yang menjadi korban gaslighting tersebut dapat mengalami gangguang pada kesehatan mental mereka. 

BACA JUGA:Mengenal Gaslighting, Perilaku Toxic yang Serang Psikologis Seseorang, Pernah Alami?

Oleh sebab itu, gaslighting dikenal sebagai salah satu bentuk keerasa emosional dan dapat terjadi dalam banyak konteks dan lingkungan meski kondisi ini lebih sering terjadi di dalam hubungan. 

Gaslighting menjadi teknik untuk mengontrol seseroang yang biasanya dilakukan di dalam hubungan abusif sehingga pasangan anak merasa jika memori mereka tidak akurat dan harus bergantung pada pelaku. 

BACA JUGA:Kenali 6 Jenis Sifat Manipulatif, Ada Gaslighting hingga Love Bombing

Gaslighting ini merupakan tindakan yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari entah itu dalam hubungan romantis dengan pasangan, hubungan keluarga, hubungan pertemanan hingga hubungan sesama rekan kerja. 

Bukan hanya itu, gaslighting juga dikenal sebagai salah satu bentuk manipulasi yang biasanya terjadi di dalam hubungan yang tidak sehat atau dikenal juga dnegan istilah abusive relationship. 

BACA JUGA:Mengenal Istilah Gaslighting, Cek Tanda dan Cara Mengatasi Orang yang Punya Sifat Ini

Sementara itu, seperti yang dilansir dari laman Good Therapy, gaslighting merupakan jenis kekerasan emosional yang berbahaya dan terkadang bersifat terselubung. 

Perilaku ini menyebabkan korban mempertanyakan penilaian dan juga kenyataan diri sendiri sehingga pada akhirnya korban gaslighting ini akan mulai tidak percaya dengan dirinya sendiri. 

BACA JUGA:Pernah Dengar Gaslighting? Ini Makna hingga Cara Mengatasinya, Hati-hati Jika Bertemu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: