dempo

5 Dampak Toxic Relationship yang Bahayakan Kamu, Yakin Masih Mau Bertahan?

5 Dampak Toxic Relationship yang Bahayakan Kamu, Yakin Masih Mau Bertahan?

Ilustrasi. 5 dampak toxic relationship yang bahayakan kamu, yakin masih mau bertahan?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Bukan hanya itu, hubungan toxic ini juga daoat menyebabkan adanya tekanan emosional pada diri seseorang hingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan mental seperti kecemasan, depresi, hingga rendahnya harga diri. 

Selain dampak di atas, berikut beberapa dampak lainnya dari toxic relationship yang telah BETV rangkum untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Tidak Bisa Menjadi Diri Sendiri, Ini 6 Ciri Lain dari Hubungan Toxic yang Harus Diketahui

Dampak Toxic Relationship

1. Membatasi diri dari hubungan sehat

Dampak pertama yang ditimbulkan dari toxic relationship ini adalah kamu akan cenderung mengisolasi atau membatasi diri dari hubungan yang sehat lantaran terus menerus berada di lingkungan negatif. 

Terus berada di lingkungan tersebut membuatmu mengalami stres dan juga pelecegah emosional sehingga akan menyebabkanmu meletakkan dinding pembatas dengan orang lain. 

BACA JUGA:5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic, Berhenti Menyangkal hingga Atasi Perasaan Bersalah yang Dirasakan, Yuk Coba

Oleh sebab itu, karena merasa terlalu lelah maka kamu tidak lagi memiliki energi untuk berinteraksi dengan orang lain dan menginginkan waktu untuk menyendiri. 

Hal ini bukan merupakan hal yang tepat untuk dilakukaan saat kamu berada di dalam hubungan yang negatif lantaran memutuskan hubungan dengan orang lain hanya akan membuatmu merasa kesepian. 

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Mental! Ini 5 Cara Keluar dari Hubungan Toxic yang Wajib Dicoba, Salah Satunya Minta Bantuan

2. Tidak memiliki harga diri

Dampak selanjutnya yang terjadi akibat toxic relationship adalah kamu tidak lagi memiliki harga diri karena pasangan yang toxic terus menerus menjatuhkanmu. 

Hal ini dapat membuatmu mulai meragukan diri sendiri dan membuat dirimu menjadi kecil dan tidak berharga terutama jika terjadi secara terus menerus. 

BACA JUGA:7 Ciri-ciri Hubungan Toxic yang Harus Diketahui, Salah Satunya Mengalami Kekerasan, Ini 6 Lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: