dempo

7 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil, Kurang Asupan Vitamin B12 Salah Satunya

7 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil, Kurang Asupan Vitamin B12 Salah Satunya

Ilustrasi. Penyebab anemia pada ibu hamil.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Kekurangan asupan vitamin B12 pada masa kehamilan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia, yuk simak penyebab lainnya di sini.

Anemia adalah salah satu gangguan keseahtan yang mengakibatkan kurangnya sel darah merah di dalah tubuh. Ada bebergai hal yang dapat menyababkan kurangnya produksi sel darah merah di dalam tubuh, apalagi pada saat hamil.

Diketahui, jika tidak segera ditangani anemia dapat mengancam kesehatan ibu dan janin, karena dengan terbatasnya suplai darah ke seluruh tubuh membuat oragan tidak dapat menjalanjan fungsinya dengan optimal.

BACA JUGA:5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan, Ampuh Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Kondisi ini dapat membuat ibu hamil merasa mudah kelelahan, sesak napas, detak jantung menjadi berdebar, hingga hilang kesadaran.

Dikatakan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan ibu hamil mengalami anemia, salah satunya kekurangan asupan vitamin B12.

Sebagai informasi, vitamin B12 bertugas membantu produksi sel darah merah di dalam tubuh, sehingga meminimalisir resiko anemia pada masa kehamilan.

Tidak hanya itu, kurangnya asupan vitamin B12, zat besi, masalah ginjal, dan kanker juga dapat menyebabkan anemia pada masa kehamilan.

Melansir dari kompas.com, berikut penyebab anemia pada ibu hamil yang perlu diketahui:

BACA JUGA:6 Manfaat Garam yang Jarang Diketahui, Ampuh Menjaga Kesehatan Mulut hingga Meredakan Sariawan

1. Kurang asupan vitamin B12 

Penyebab anemia pada ibu hamil yang pertama adalah kurangnya asupan vitamin B12 selama masa kehamilan. Seperti yang disampaikan sebelumnya bahawa vitamin B12 bertugas untuk membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh.

Maka jika asupan vitamin tersebut tidak maksimal atau kurang tentu saja pembentukan sel darah merah dalam tubuh tidak optimal, kondisi inilah yang menyebabkan ibu hamil merasa kelelahan dan bahkan pusing.

Tidak hanya itu, sel darah merah sangat penting bagi ibu hamil karena diperlukan untuk mendukung pembentukan sel darah merah pada janin yang dikandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: