KPU

Kenali Penyebab dan Faktor Resiko Demensia Ini, Bisakah Terjadi di Usia Muda?

Kenali Penyebab dan Faktor Resiko Demensia Ini, Bisakah Terjadi di Usia Muda?

Kenali penyebab dan faktor resiko demensia ini, bisakah terjadi di usia muda?--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Penyebab penyakit demensia umumnya disebabkan oleh adanya kerusakan pada sel-sel saraf otak dan dapat pula terjadi pada beberapa area otak. 

BACA JUGA:Mengenal Demensia, Gangguan Otak yang Kerap Dialami Kelompok Lanjut Usia, Ini Jenisnya

Gangguan fungsi otak ini sendiri dapat muncul dalam berbagai kondisi berbeda pada masing-masing orang yang tergantung pada area otak yang terdampak. 

Tidak hanya itu, menurunnya daya ingat akibat demensia ini juga dapat disebabkan oleh kurangnya aliran darah di dalam pembuluh darah otak yag dipicu oleh beragam hal, seperti stroke, infeksi pada katup jantung, atau berbagai gangguan pada pembuluh darah lainnya. 

BACA JUGA:Bukan Sembarang Kacang, Ini 7 Manfaat Almond untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Demensia

Terdapat beberapa macam kondisi yang terjadi dalam kasus demensia ini. Ada demensia yang berkembang secara progresif dan ada pula kondisi lain menyerupai demensia yang terjadi akibat reaksi tertentu dan dapat ditekan.

Demensia progresif sendiri merupakan kondisi demensia yang disebabkan oleh kerusakan sel saraf otak tertentu dan dapat memburuk seiring berjalannya waktu dan biasanya tidak dapat dipulihkan secara tuntas. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah 7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Demensia

Jenis demensia progresif sendiri meliputi penyakit Alzheimer, demensia vaskuler, lewy body dementia, demensia frontotemporal, dan demensia campuran.

Demensia merupakan sekumpulan gejala yang mempengaruhi fungsi kognitif otak dalam mengingat, berpikir, bertingkah laku, dan juga berbicara (berbahasa). 

BACA JUGA:RSKJ Soeprapto Bengkulu Edukasi Pencegahan Demensia

Demensia atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan penyakit pikun ini sayangnya seringkali dianggap remeh lantaran mayoritas diidap oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun. 

Namun bukan tidak mungkin jika penyakit demensia ini juga dapat dialami oleh orang yang lebih muda dari itu. 

BACA JUGA:Kaya Nutrisi, Ini 5 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan, Bisa Cegah Alzheimer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: