dempo

5 Manfaat Konsumsi Susu bagi Lansia, Cegah Osteoporosis hingga Jaga Massa Otot

5 Manfaat Konsumsi Susu bagi Lansia, Cegah Osteoporosis hingga Jaga Massa Otot

5 manfaat konsumsi susu bagi lansia, cegah osteoporosis hingga jaga massa otot--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Untuk mencegahnya, kebutuhan kalsium di dalam tubuh harus selalu terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan nutrisi ini dapat diperoleh melalui konsumsi susu atau makanan olahan susu yang dikenal baik untuk menjaga kesehatan tulang.

BACA JUGA:5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker Usus hingga Turunkan Resiko Batu Ginjal

Wanita umumnya lebih rentan mengalami osteoporosis saat telah memasuki masa menopause sementara laki-laki rentan mengalami kondisi yang sama saat hormon testosteron mereka menurun.

Oleh sebab itu, orang tua seringkali diasarankan untuk tetap mengonsumsi kalsium untuk dapat mengurangi hilangnya mineral pada tulang. 

BACA JUGA:7 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Adanya Masalah Otot hingga Depresi

Kandungan kalsium dan vitamin D pada susu juga dapat membantu tulang menjadi lebih padat sehingga mengonsumsi susu bagi lansia dapat membantu mereka untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Sumber Vitamin D 

Lansia biasanya tidak bisa bergerak seaktif dulu sehingga mereka lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah. Hal ini dapat meningkatkan resiko kekurangan vitamim D. 

BACA JUGA:Waspada! Ini 5 Efek Samping Kelebihan Kalsium pada Tubuh, Bisa Sebabkan Gangguan Jantung

Vitamin D merupakan vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan tulang karena membantu penerapan kalsium pada makanan. Vitamin D memang dapat diperoleh melalui makanan seperti ikan, daging hingga telur. 

Meski demikian, produksi vitamin D oleh tubuh lebih banyak didapatkan melalui paparan sinar matahari pagi. Namun seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk memproduksi vitamin D juga semakin berkurang. 

BACA JUGA:5 Dampak Kekurangan Kalsium yang Tidak Boleh Diabaikan, Bisa Perparah PMS

Oleh sebab itu, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin D seperti susu ini sangat diperlukan oleh lansia. 

3. Menyehatkan Otak dan Jantung

Mengonsumsi susu dapat menaikkan kadar aktioksidan di otak sehingga dapat menjaga kesehatan otak dan melindungi otak dari kerusakan. Konsumsi susu secara rutin dan teratur juga dapat menurunkan resiko alzheimer pada lansia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: