dempo

Jangan Abaikan! Ini 8 Gejala Osteoporosis pada Tubuh, Salah Satunya Kuku Rapuh

Jangan Abaikan! Ini 8 Gejala Osteoporosis pada Tubuh, Salah Satunya Kuku Rapuh

Jangan abaikan! Ini 8 gejala osteoporosis pada tubuh, salah satunya kuku rapuh--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Banyak orang tidak menyadari gejala penyakit osteoporosis dan mengabaikannya hingga gejala tersebut menjadi semakin parah dan akhirnya menjadi tak terobati. 

BACA JUGA:Mengenal Osteoporosis, Pengeroposan Tulang yang Sering Lambat Disadari, Apa Itu?

Mengetahui gejala yang ditunjukkan oleh penyakit osteoporosis ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan lantaran penyakit ini memiliki julukan silent disease yang sering tidak disadari hingga makin parah. 

Bahkan penyakit osteoporosis ini seringkali tidak memiliki gejala sehingga banyak orang terlambat menyadari keberadaan penyakit ini dan baru mengetahuinya setelah memburuk. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ini 8 Khasiat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan, Bisa Cegah Osteoporosis

Osteoporosis sendiri adalah penyakit tulang keropos yang memiliki sifat khas berupa terjadinya penurunan massa tulang yang disertai dengan penurunan kualitas jaringan tulang sehingga menimbulkan kerapuhan tulang

Kondisi ini menyebabkan mereka yang mengidap osteoporosis memiliki tulang yang mudah retak atau patah lantaran kepadatan tulang mereka telah berkurang. 

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Susu bagi Lansia, Cegah Osteoporosis hingga Jaga Massa Otot

Penyakit yang satu ini kerap kali dilami oleh wanita dewasa yang memasuki masa menopause. Meski demikian, osteoporosis bukan berarti tidak dapat dialami oleh orang dewasa muda dan juga anak-anak. 

Osteoporosis terjadi akibat menurunnya kepadatan tulang dan juga penurunan kemampuan regenerasi tulang bagian dalam serta ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral di dalam tulang. 

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Susu bagi Lansia, Cegah Osteoporosis hingga Jaga Massa Otot

Intenational Osteoporosis Foundation menyebutkan jika 1 dari 3 wanita dan 1 dari 5 pria pada usia 50 tahun ke atas di seluruh dunai mengalami masalah kesehatan yang satu ini. 

Sementara di Indonesia sendiri, Kemenkes RI mencatat jika prevalensi osteoporosis di Indonesia sebesar 23% terjadi pada wanita berusia 50-80 tahun, dan 53% pada wanita yang berusia 80 tahun keatas.

BACA JUGA:Terlanjur Alami Osteoporosis? Lakukan Pengobatan dengan Cara Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: