dempo

Bumil Wajib Tahu! Asupan Vitamin D Bagi Ibu Hamil Bisa Tekan Resiko Preeklamsia, Cek Manfaat Lainnya

Bumil Wajib Tahu! Asupan Vitamin D Bagi Ibu Hamil Bisa Tekan Resiko Preeklamsia, Cek Manfaat Lainnya

Ilustrasi. Bumil wajib tahu! Asupan vitamin d bagi ibu hamil bisa tekan resiko preeklamsia, cek manfaat lainnya--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Manfaat vitamin D yang pertama adalah untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat di dalam tubuh. Keduanya merupakan mineral penting yang diperlukan oleh janin untuk pembentukan jaringan tulang dan gigi. 

BACA JUGA:Mencegah Cacat Lahir, Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Leci Bagi Ibu Hamil dan Janin dalam Kandungan

Biasanya ibu hamil disarankan untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi sebelum pukul 9 selama 10-15 menit sebanyak 2-3 kali dalam satu pekan.

Ibu hamil juga sebaiknya tetap menggunakan sunscreen (tabir surya) untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Bumil juga dapat mengenakan topi untuk melindungi wajah. 

BACA JUGA:Kuat Tangkal Radikal Bebas, Buah Naga Tawarkan 7 Manfaat Ini untuk Ibu Hamil

2. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional adalah suatu kondisi ketika kadar gula darah meningkat terlalu tinggi pada ibu hamil dan merupakan salah satu komplikasi kehamilan yang dapat memunculkan masalah lain. 

Masalah ini tidak hanya terjadi pada ibu hamil, namun juga pada janin, seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan berlebih dan juga preeklampsia.

BACA JUGA:8 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil, Jaga Tekanan Darah hingga Kendalikan Berat Badan

Jika asupan vitamin D selama hamil tercukupi, maka risiko komplikasi yang diakibatkan oleh diabetes gestasional ini dapat diminimalisir. 

3. Mengurangi risiko preeklamsia

Preeklamsia adalah masalah kesehatan pada bumil yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan di tubuh yang disebabkan oleh penumpukan cairan hingga peningkatan kadar protein di dalam urine.

BACA JUGA:Penuhi Kebutuhan Kehamilan dengan Mengonsumsi Paprika Hijau, Dapatkan 7 Manfaatnya Bagi Ibu Hamil

Masalah kesehatan tersebut cukup sering terjadi pada trimester kedua. Namun, dapat terjadi juga pada trimester akhir sehingga kebutuhan vitamin D harus dipenuhi untuk menghindari risiko penyakit ini. 

4. Mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: