dempo

Tak Hanya Sinar Matahari, 6 Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Sumber Vitamin D

Tak Hanya Sinar Matahari, 6 Jenis Makanan Ini Bisa Jadi Sumber Vitamin D

Tak hanya sinar matahari, 6 jenis makanan ini bisa jadi sumber vitamin D--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Makanan sumber vitamin D yang pertama adalah ikan salmon. Ikan ini memang dikenal sebagai ikan yang memiliki banyak sekali nutrisi di dalamnya sehingga baik untuk dikonsumsi. 

BACA JUGA:Bawang Putih Punya Kandungan Vitamin C, Ini 8 Manfaat bagi Kesehatan

Di dalam 100 gram ikan salmon mengandung 536 IU vitamin D sehingga baik untuk mengonsumsi vitamin ini setidaknya satu porsi setiap minggunya. 

Untuk mengonsumsi ikan salmon ini kamu dapat mengolahnya dengan cara dipanggang tanpa minyak atau mengukusnya setelah diberi bumbu sesuai selera. 

BACA JUGA:6 Ragam Manfaat Bunga Rosela untuk Kecantikan, Sumber Vitamin Bagus untuk Kulit Wajah

2. Ikan Sarden dan Tuna

Selain ikan salmon, ikan sarden dan ikan tuna juga menjadi makanan laut yang kaya akan vitamin D dimana makanan ini mengandung sekitar 269 IU vitamin D. 

Kadnungan ini dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan juga otot serta menguatkan sistem kekebalan tubuh bahkan untuk ikan sarden dan tuna kalengan sekalipun. 

BACA JUGA:Lakukan 6 Cara Ini untuk Cegah Batuk, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C

3. Telur

Selain ikan, makanan yang mengandung vitamin D berikutnya adalah telur. Telur mengandung vitamin D yang tinggi terutama di bagian kuningnya. 

Di dalam 100 gram telyur mengandung kurang lebih 85 IU vitamin D. Kamu bisa memperoleh vitamin ini dengan cara mengukus telur atau menggorengnya menggunakan sedikit minyak zaitun. 

BACA JUGA:7 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil, Kurang Asupan Vitamin B12 Salah Satunya

Namun perlu menjadi catatan jika kuning telur juga mengandung lemak yang tinggi yang dapat beresiko meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga kamu perlu membatasi konsumsinya. 

4. Daging Merah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: