dempo

Musim Kemarau, Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Tak Buang Puntung Rokok dan Bakar Sampah Sembarangan

Musim Kemarau, Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Tak Buang Puntung Rokok dan Bakar Sampah Sembarangan

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu Endang Afrizal, S.Ag,SH.,--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Terkait dengan musim kemarau yang melanda Kota BENGKULU, Pemerintah Kota (Pemkot) BENGKULU melalui Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak membuang puntung rokok dan membakar sampah sembarangan.

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu Endang Afrizal, S.Ag,SH., menyebut bahwa hal ini karena embusan angin dapat membawa api sekecil apapun sehingga rawan membuat terjadinya kebakaran lahan. 

BACA JUGA:Bangun Kolaborasi dan Sinergitas, Kapolres Silaturahmi ke Kejari Kaur

"Bagi masyarakat yang merokok agar tidak membuang puntung rokok sembarangan. Lalu bagi masyarakat yang membakar sampah agar dijaga betul jangan sampai api pembakaran merambat, membesar, dan melahap area lahan kering," kata Endang Afrizal, Selasa 30 Juli 2024.

Tambah Afrizal, bagi masyrakat yang mengalami atau mengetahui adanya kejadian kebakaran bisa menghubungi Call Center Damkar Kota Bengkuku di nomor (0736) 5523003 atau 081273293302.

BACA JUGA:Pelanggar Didominasi Pelajar, Satlantas Polres Kepahiang Rilis Capaian Ops Patuh Nala 2024

"Bagi masyarakat Kota Bengkulu, atau kabupaten yang berdekatan seperti Seluma dan Bengkulu Tengah bisa melaporkan kejadian kebakaran melalui Call Center kami. Damkar Kota Bengkulu akan selalu siap dan sigap melayani masyrakat," tambahnya.

Sementara itu, Pj Sekda Kota Bengkulu, Eko Agusrianto mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyrakat terkait wasapada kebakaran di musim kemarau. 

BACA JUGA:Pembebasan Lahan dan Perizinan Rampung, Pabrik Minyak Goreng di Sukaraja Segera Berdiri

"Kita kan berusaha untuk preventif melalui sosialisasi berjenjang dari tingkat kecamatan, kelurahan, termasuk masyarakat umum. Kemudian BPBD sebagai tenaga teknis, kemudian soal kesiapan Damkar kitajuga selalu siap," ujar Pj Sekda Kota Bengkulu, Eko Aguarianto.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Atasi Mata Panda, Teruji Oleh Dermatologis!

Pemkot juga berencana membangun posko dalam waktu dekat jika keadaan memang dirasa sangat genting akibat dampak kemarau.

"Kita lihat eskalasinya, jika memang dirasa sangat diperlukan membangun posko pasti akan dibangun. Namun jika dirasa belum mengkhawatirkan kita akan tetap waspada dan berjaga-jaga," tutur Sekda Kota Bengkulu, Eko Agusrianto.

BACA JUGA:6 Tips dan Trik Alami Mengatasi penuaan Dini, Dapatkan Kembali Wajah Awet Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: