dempo

Musim Kemarau Tiba, Ini Langkah Distan Seluma Antisipasi Kekeringan Lahan

Musim Kemarau Tiba, Ini Langkah Distan Seluma Antisipasi Kekeringan Lahan

Memasuki musim kemarau, petani di Kabupaten Seluma kemungkinan akan mengalami kendala, bahkan terancam gagal panen.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Memasuki musim kemarau, petani di Kabupaten Seluma kemungkinan akan mengalami kendala, bahkan terancam gagal panen.

Menyikapi perubahan musim hujan ke musim kemarau, Dinas Pertanian Kabupaten Seluma telah mengantisipasi persoalan saat musim kemarau.

BACA JUGA:Polres Seluma Gelar Serah Terima Jabatan 3 Perwira Pertama, Ini Pesan Kapolres

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial menyebut, bahwa pihaknya telah menyalurkan bantuan mesin pompa air kepada para petani untuk mengantisipasi kekeringan.

"Upaya Pemerintah Kabupaten Seluma mengantisipasi musim kemarau, beberapa waktu lalu Distan telah membagikan 34 unit mesin pompa air kepada beberapa poktan di Kabupaten Seluma untuk mengairi lahan pertanian milik petani dalam rangka persiapan kemarau," sampainya.

BACA JUGA:Musim Kemarau, Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Tak Buang Puntung Rokok dan Bakar Sampah Sembarangan

Dilanjutkan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, diprediksi musim kemarau pada tahun ini akan lebih panjang.

Oleh sebab itu, pihaknya memberikan bantuan pompa air yang mana ini merupakan sesuai dengan kebijakan Kementerian Pertanian untuk menambah luas areal persawahan yang selama ini sulit mendapatkan suplai air untuk mengairi tanaman padi. Termasuk mengatisipasi kekeringan lahan.

BACA JUGA:Bangun Kolaborasi dan Sinergitas, Kapolres Silaturahmi ke Kejari Kaur

"Kita belajar dari El Nino pada tahun lalu dampaknya Kabupaten Seluma terjadi krisis pangan. Maka dari itu kebijakan Kementerian Pertanian untuk menambah luas areal persawahan yang selama ini sulit mendapatkan suplai air untuk mengairi tanaman padi. Kalau El Nino yang diprediksi akan terjadi petani kita sudah siap dengan alat bantu pompa air untuk mengairi areal pertanian," sampainya.

(Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: