Sosialisasi dan Pelatihan UMKM di Bengkulu: Dorong Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Sosialisasi dan Pelatihan UMKM di Bengkulu: Dorong Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

DPPPAKB Provinsi Bengkulu berkerjasama dengan Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu melakukan sosialisasi pendampingan kepada UMKM untuk memberdayakan perempuan dalam upaya peningkatan ekonomi perempuan di salah hotel Kota Bengkulu, Kamis 15 Agustus 2024.--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (DPPPAKB) Provinsi BENGKULU berkerjasama dengan Komisi IV DPRD Provinsi BENGKULU melakukan sosialisasi pendampingan kepada UMKM untuk memberdayakan Perempuan dalam upaya peningkatan ekonomi Perempuan di salah hotel Kota BENGKULU, Kamis 15 Agustus 2024.

Disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Sefty Yuslinah sosialisasi khusus untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Bengkulu.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan manfaat UMKM dalam peningkatan ekonomi keluarga, baik untuk individu maupun pasangan. 

BACA JUGA:Percepat Penurunan Stunting, DP3AP2KB Kota Bengkulu Bagikan 31 Sarana BKB Kit

"Acara ini tidak hanya berupa sosialisasi, tetapi juga disertai dengan praktik pembuatan dodol, atau yang dikenal dalam bahasa lokal sebagai glamai. Berbeda dari metode tradisional yang memakan waktu seharian, pembuatan dodol kini bisa diselesaikan dalam waktu 1 jam menggunakan kompor gas, tanpa memerlukan kayu api," terangnya.

BACA JUGA:Tim Elang Jupi Amankan 1,5 Ton BBM Pertalite Oplosan dan Satu Pelaku

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah dalam pemberdayaan ekonomi keluarga, dengan dukungan dari Dinas PPPAKB Provinsi Bengkulu.

"Perda Ketahanan Keluarga dalam menangani masalah sosial seperti tingginya tingkat perceraian dan kekerasan terhadap anak di Kota Bengkulu. Dengan peningkatan ekonomi keluarga, diharapkan dapat mengurangi masalah-masalah tersebut," sampainya.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Sebut Masih Banyak Lansia dan Janda Miskin di Kota Bengkulu yang Belum Terurus

Sebagai anggota DPRD Provinsi Bengkulu, dia berharap agar kegiatan ini dapat diteruskan oleh penggantinya dan berpesan agar program-program pemberdayaan perempuan dan ketahanan keluarga tetap dilanjutkan. 

"Acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan ekonomi keluarga di Kota Bengkulu serta memperkuat peran perempuan dalam ekonomi keluarga," ujarnya.

BACA JUGA:Daftar 18 Paskibraka 2024 yang Harus Lepas Jilbab saat Pengukuhan di IKN, BPIP: Mereka Sukarela

Kegiatan ini dihadiri sekitar 100 peserta yang terdiri dari berbagai jenis UMKM se-Kota Bengkulu. Para peserta juga diberikan bantuan alat masak berupa teflon.

(Ilham)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: