Sudah Memakan Korban, Pemkot Bengkulu Imbau Warga Waspada Pohon Rawan Tumbang

Sudah Memakan Korban, Pemkot Bengkulu Imbau Warga Waspada Pohon Rawan Tumbang

Asisten II Setda Kota Bengkulu Sehmi, mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap pohon rawan tumbang yang kerap terjadi akhir-akhir ini.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) BENGKULU melalui Asisten II Setda Kota BENGKULU Sehmi, mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap pohon rawan tumbang yang kerap terjadi akhir-akhir ini.

Namun dirinya menjelaskan, meskipun pohon tumbang tersebut berlokasi wilayah Kota Bengkulu, namun kewenangannya ada di Pemerintah Provinsi Bengkulu. Seperti Jalan Pariwisata Pantai Panjang, Jalan Citanduy, Jalan Jemggalu, dan Jalan Lapangan Merdeka.

BACA JUGA:KPU Verifikasi Ulang Persyaratan Paslon Rohidin-Meriani dan Helmi-Mian untuk Pilgub Bengkulu

"Akhir-akhir ini sering didapati pohon di Kota Bengkulu yang tumbang bahkan telah memakan korban, berkenaan dengan pohon rawan tumbang kewenangan DLH. Namun perlu digarisbawahi, ada wilayahnya yang masuk kewenangan di provinsi dan ada wilayah masuk kewenangan kota," kata Sehmi, Senin 9 Agustus 2024.

Tambah Sehmi, Pemkot juga meminta agar warga tidak membakar dan meracun pohon secara sembarangan karena menyebabkan pohon menjadi rawan tumbang.

BACA JUGA:KPU Kembali Teliti Hasil Perbaikan Berkas Paslon Bupati dan Wakil Bupati Seluma

"Tapi ada juga persoalan, ternyata masyarakat kita ada juga yang sengaja merusak pohon dengan cara dibakar dan diracun agar mati, kemudian ditebang pihak DLH karena mereka tidak mau menebang sendiri. Hal ini harus diberi sanksi karena sangat membahayakan," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Riduan.

BACA JUGA:Maling Satroni Kios BRILink di Jalan Depati Payung Negara , Uang Jutaan Rupiah Raib

Ia menerangkan bahwa pihaknya telah aktif melakukan pemangkasan pohon yang dinilai rentan tumbang ataupun yang sudah tua. 

"Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk terjadi, akibat dampak cuaca ekstrem yang terjadi di Kota Bengkulu dalam beberapa hari terakhir sehingga membuat masyarakat was-was akan kejadian pohon tumbang," terangnya.

BACA JUGA:Antisipasi Penularan Cacar Monyet, RSHD Kota Bengkulu Siapkan 22 Ruang Isolasi

DLH juga memetakan daerah rawan pohon tumbang yang masuk dalam wilayah kota seperti Jl. Wr Suprtaman, Jl. Sukamerindu, Jl. Sungai Rupat. Termasuk Jl Mayjen Sutoyo, Jl S. Parman, Jl. Soeprapto.

Walaupun jalan tersebut masuk dalam jalan provinsi, namun karena masuk dalam jalan protokol sehingga DLH Kota Bengkulu bisa melakukan pemangkasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: