Kesbangpol Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 Sasar Warga Binaan Lapas Curup

Kesbangpol Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 Sasar Warga Binaan Lapas Curup

Tingkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BKBP) Rejang Lebong melaksanakan sosialisasi dengan menyasar warga binaan di Lapas Kelas IIA Curup pada Selasa 10 September 2024.--(Sumber Foto: Daman/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Tingkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada serentak, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Rejang Lebong melaksanakan sosialisasi dengan menyasar warga binaan di Lapas Kelas IIA Curup pada Selasa 10 September 2024.

Kepala BKBP Rejang Lebong, Zulfan Effendi menyampaikan, sosialisasi ini wujud peranan pemerintah untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada.

Selain yang dilakukan penyelenggara Pilkada yakni KPU dan Bawaslu, untuk memastikan Pilkada bisa diselenggarakan dengan prinsip transparan, dengan partisipasi seluruh pemilih termasuk warga binaan.

“Kawan-kawan warga binaan di Lapas Curup mempunyai hak yang sama dengan masyararakat umum, sesuai dengan Undang-Undang. Kita ingin memastikan, hal hak memilih ini bisa dan ini diimplementasikan dengan sosialisasi ini," kata Zulfan Effendi.

BACA JUGA:Honorer Meninggal Dunia Tabrakan dengan Fortuner PNS di Tanjung Jaya

BACA JUGA:Tomat hingga Alkohol, Bahaya Mengombinasikan Buah Jeruk dengan 5 Jenis Makanan Ini

Sementara itu, Kepala Lapas Curup Ronaldo Devinci Talesa, menyebutkan berdasarkan Data Pemilih Sementara (DPS) KPU Kabupaten Rejang Lebong, di lingkungan Lapas Curup ada 663 warga binaan yang memiliki hak suara dan sudah terdaftar DPS.

Menurutnya sosialisasi yang dilakukan hari ini merupakan hak warga binaan yang sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

Yakni warga negara berhak mendapatkan layanan informasi termasuk informasi Pilkada agar warga binaan bisa menyalurkan hak politik untuk memilih.

BACA JUGA:Mudah Menyebar, Ini 6 Cara Cegah Penyakit Cacar Monyet, Jaga Kebersihan dengan Baik!

BACA JUGA:Ini 5 Penyebab Penyakit Cacar Monyet yang Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Kontak dengan Hewan Terinfeksi

“Satu suara menentukan, sayang kalau tidak digunakan, tapi tetap gunakan dengan cerdas dan berkualitas. Ingat, tidak memilih itu bukan pilihan, karena kita wajib memilih,” kata Ronaldo Devinci.

Disisi lain, Asisten I Setdakab Pranoto Majid, saat membuka sosialisasi menerangkan, sesuai dengan tema sosialisasi, gunakan hak pilih dengan cerdas dan berkualitas menuju Indonesia berdaulat, maka warga binaan bisa tahu siapa-siapa saja pasangan calon pada Pilkada ini.

“Ini menjadi penting, jangan sampai nanti memilih seperti membeli kucing dalam karung. Kita berharap, warga binaan bisa tahu siapa yang dipilih,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: