KPU

230 Sambungan Listrik Gratis dari APBD 2024 Tuntas Disalurkan

230 Sambungan Listrik Gratis dari APBD 2024 Tuntas Disalurkan

Inspektur Listrik Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Pebrian Syaferi--(Sumber Foto: Putri/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi BENGKULU meyampaikan bahwa sebanyak 230 sambungan listrik gratis yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) telah sepenuhnya terealisasi.

Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan dasar listrik.

Inspektur Listrik Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Pebrian Syaferi, mengungkapkan pihaknya saat ini tengah menunggu kepastian dari pihak Perusahaan Milik Negara (PLN) terkait pemasangan 1.000 sambungan listrik tambahan yang didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

"Kalau sambungan yang bersumber dari APBD sebanyak 230 itu sudah sepenuhnya tersalur ya artinya kami sudah selesai, tapi untuk yang 1.000 sambungan itu kan kewenagan kementerian pusat jadi ya kita engga bisa apa-apa, kita cuma bisa nunggu kapan listrik itu akan mulai di salurkan oleh PLN," kata Pebri, Jumat 18 Oktober 2024.

BACA JUGA:Gedung Mal Pelayanan Publik Kaur Diresmikan November 2024

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Gelar Pangan Murah hingga Penghujung Tahun, Catat Jadwalnya

Lebih lanjut Pebri menjelaskan, ada perbedaan kilowatt-hour (kWh) antara sambungan listrik yang bersumber dari APBD Dan APBN, dari APBD sebesar 450 kWh sedangkan dari APBN sebesar 900 kWh.

"Iya memang ada perbedaan, kalau yang dari APBD itu kan 450 kWh nah kalau untuk yang APBN itu 900 kWh," jelas Pebri.

Pihaknya berharap, dengan adanya sambungan listrik gratis ini, dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta mendorong aktivitas ekonomi di wilayah yang sebelumnya belum terjangkau aliran listrik.

"Harapan kita, dengan adanya sambungan listrik gratis ini ya taraf hidup masyarakat dapat lebih meningkat, kualitas nya juga dan pastinya dapat lebih mendorong aktivitas ekonomi mereka," tutupnya.

BACA JUGA:Penyelesaian Konflik Agraria di Mukomuko dan Bengkulu Utara Tidak Menghasilkan Keputusan

BACA JUGA:TPG dan Tamsil Triwulan III Belum Cair, Haryadi: Tunggu Transfer Pusat

Berikut ini adalah rincian sambungan listrik gratis tahun 2024; Kepahiang 2 sambungan, Lebong 30 sambungan, Rejang Lebong 2 sambungan.

Bengkulu Tengah 52 sambungan, Kaur 1 sambungan, Bengkulu Selatan 16 sambungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: