Bukan Cuma Jadi Lalapan! Ini 8 Khasiat Buah Timun untuk Kecantikan, Apa Aja? Yuk Temukan Jawabannya di Sini

Minggu 12-11-2023,22:06 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Timun atau Cucumis sativus termasuk ke dalam kelompok buah-buahan. Memiliki kandungan air yang tinggi dan kaya serat membuat timun sering dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai permasalahan kesehatan. 

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Dehidrasi hingga Obati Mata Bengkak, Cek Kandungannya!

Tidak berhenti disitu, timun ternyata juga dapat memberikan manfaat kecantikan. Selain itu, timun dipercaya dapat memberikan manfaat kesehatan untuk kulit wajah, mulai dari mengatasi permasalahan kulit berjerawat, minyak berlebih, hingga membantu menyamarkan noda hitam pada wajah.

Oleh karena itu, buah timun sering menjadi bahan dasar pembuatan masker atau produk kecantikan lainnya. Penggunaan timun sebagai produk alami perawatan kulit wajah ternyata sudah dilakukan sejak lama.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Daun Kedondong untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Infeksi pada Mulut, Cek di Sini!

Melansir dari siloamhospitals.com, kandungan dan nutrisi yang terdapat pada timun dapat memberikan manfaat kecantikan sebagai berikut:

1. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat timun untuk wajah yang pertama adalah dipercaya dapat melembapkan kulit wajah. Memiliki kandungan air yang tinggi membuat timun dapat menghidrasi wajah sampai ke dalam, sehingga kulit tampak lebih sehat dan lembap.

Cara penggunaannya cukup gampang, kamu hanya perlu mencampurkan buah timun, madu, dan oatmeal untuk dijadikan masker wajah.

BACA JUGA:Ampuh Menjaga Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Buah Kedondong Berkulit Hijau dan Kaya Nutrisi, Cek di Sini!

Campuran tersebut dapat memberikan efek hidrasi pada kulit sehingga wajah terhindar dari kulit kering dan beruntusan.  Lebih dari itu, campuran dari bahan alami tersebut juga dapat  membantu pengelupasan sel-sel kulit mati di wajah.

Setelah menggunakan masker wajah, jangan lupa mengoleskan pelembap wajah untuk mengunci kelembapan kulit wajah seharian.

BACA JUGA:Belum Banyak yang Tahu! Ini Sederet manfaat Biji kedawung untuk Kesehatan, Atasi Diare hingga Sembuhkan Batuk

2. Mengurangi Iritasi  

Kandungan antiinflamasi dan efek pendingin yang terdapat pada buah timun ternyata memberikan manfaat kesehatan pada kulit wajah dan mengatasi berbagai permasalahan wajah seperti, membantu meredakan rasa sakit pada wajah, kulit kemerahan, ruam kulit, dan iritasi kulit akibat paparan sinar matahari atau gigitan serangga.

3. Menghilangkan Mata Panda

Kategori :