Kamu Perlu Tahu! Ini 7 Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan, Cek Kandungannya di Sini

Senin 25-03-2024,21:15 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Ada beragam sayur yang dapat disajikan sebagai masakan harian di rumah. Termasuk sayuran satu ini, siapa yang tak kenal dengan kangkung.

Sayur kangkung cukup populer di kalangan masyarakat, sehingga sering menjadi pilihan hidangan. Lalu apa saja kandungan dan manfaat dari sayuran hijau ini? Simak ulasan berikut.

Jika kamu menyukai sayuran hijau ini, sangat direkomendasikan untuk dimasak. Terlebih baik untuk kesehatan. Khasiat kangkung cukup beragam yakni dari menjaga kesehatan mata, mencegah diabetes, melawan penyakit hati (liver), dan lain-lain.

BACA JUGA:Punya Kandungan Beta Karoten, Ini 6 Manfaat Daun Talas yang Harus Kamu Tahu!

Sayuran ini termasuk sangat mudah ditemui di pasaran sehingga tidak sulit untuk kamu manfaatkan. Dikutip dari laman hellosehat.com, istilah lain dari kangkung dikenal dengan bayam air, sejenis tanaman perairan di daerah rawa-rawa.

Terlebih kangkung menjadi salah satu tanaman yang banyak dijumpai di negara-negara seperti Asia dan khususnya di Indonesia. Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa sayuran bayam air ini memiliki bentuk daun memanjang dan lebar sekitar 2,5-8 cm.

Tidak jauh berbeda oleh jenis sayuran lain, sayur yang memiliki nama latin Ipomoea aquatica itu punya kandungan dengan sejumlah nutrisi baik bagi tubuh. Dikutip dari situs Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut adalah kandungan gizi yang terdapat dari 100 gram kangkung segar (masih mentah):

BACA JUGA:7 Manfaat Stroberi untuk Wajah, Salah Satunya Mungurangi Garis Halus, Langsung Glowing Seperti Artis Korea

- Air: 91 gram (g)

- Protein: 3,4 gram

- Lemak: 0,7 gram

- Karbohidrat: 3,9 gram

- Serat: 2 gram

- Abu: 1 gram

- Kalsium (Ca): 67 miligram (mg)

Kategori :