Tinggal Menghitung Hari, Cek Tips Menjaga Kesehatan Jelang Lebaran Ini Agar Liburan Nyaman

Sabtu 06-04-2024,13:13 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Meskipun berpuasa, kamu harus tetap melakukan aktivitas fisik dengan rajin berolahraga secara teratur setiap harinya. Bersepeda atau sekedar berjalan-jalan ringan dapat membantu menjaga mood dan energi.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Jangan Berlebihan Konsumsi Kue Kering Lebaran, Ini 4 Efek Sampingnya

Selain itu, dengan berolahraga dapat mengatasi efek dari konsumsi makanan dan minuman berat selama Hari Raya Idul Fitri, seperti opor ayam, rendang dan sebagainya yang mengandung banyak lemak dan dapat menyebabkan kegemukan. 

3. Istirahat yang Cukup

Selain rajin berolahraga, penting juga untuk memperoleh istirahat yang cukup punya peran yang penting dalam menjaga kekebalan tubuh agar tetap optimal. Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membuat tubuh segar dan lebih berenergi.

BACA JUGA:Cocok Disajikan Saat Lebaran! Ini Resep Kue Pisang Kukus Simple, Kenyal dan Manis

Meski bersemangat untuk melakukan persiapan lebaran esok hari, pastikan untuk tetap tidur yang cukup agar tubuh terjaga kesehatannya. 

Hal ini lantaran kekurangan waktu tidur bisa menurunkan tingkat konseterasi serta mengakibatkan tubuh rentan terserang penyakit.

BACA JUGA:Cara Mudah Agar Baterai HP Tidak Boros Saat Mudik Lebaran, Cukup Lakukan Hal Ini!

4. Kelola Stres

Mengelola stress juga menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh menjelang Hari Raya Idul Fitri. Saat stres, tubuh berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kesehatan seperti mudah merasa lelah, sulit berkonsentrasi, hingga mengalami gangguan kesehatan tertentu. 

Oleh sebab itu, penting untuk selalu mengelola stress dengan baik seperti dengan meluangkan waktu untuk beristirahat ketika merasa lelah atau kewalahan saat mempersiapkan liburan.

BACA JUGA:Ternyata Ini 5 Manfaat Menempelkan Kaki ke Tembok untuk Kesehatan, Auto Stress Langsung Hilang

Selain itu, latihan meditasi dan senam yoga juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk manajemen stres.

Mengelola stres juga akan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Dengan begitu, seseorang bisa lebih produktif dan kreatif dalam melakukan pekerjaan di tahun yang baru.

BACA JUGA:Dapat Meredakan Stress hingga Mencegah Kanker, Ini 5 Manfaat Serai untuk Kesehatan, Kamu Wajib Coba!

Kategori :