Kaya Akan Serat, Inilah 5 Minuman Sehat Bagus untuk Sistem pencernaan

Kamis 06-06-2024,17:30 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

Air dan lemon menjadi salah satu minuman sehat yang dapat mengatasi masalah sistem pencernaan. Lemon mengandung vitamin C, di mana bertindak sebagai pencahar  ketika mengalami sembelit tanpa memnyebabkan diare,

Konsumsi air dengan lemon dalam keadaan hangat. Ini dinilai lebih efektif dan lebih manjur kahsiatnya jika dibaningkan dengan yang dingin.

BACA JUGA:6 Manfaat Kedondong yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Mampu Melancarkan Pencernaan

3. Teh plus jahe

Teh yang diseduh dengan campuran jahe menjadi salah satu minuman sehat tinggi serat. Salah satu teh yang bagus untuk sistem pencernaan adalah teh hijau.

Teh hijau diketahui mengandung ribuan senyawa biokatif seperti asam amino, kafein, lignin, protein, xantin, dan flavonoid yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Kandungan kafein yang tinggi dalam teh memberikan efek pencahar ringan yang dapat merangsang sistem pencernaan. Kamu bisa mengombinasikan teh dengan jahe segar atau lemon agar lebih nikmat dan bermanfaat.

BACA JUGA:Inilah 5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Susu, Berbahaya Bagi Sistem Pencernaan

4. Jus buah segar

Jus buah segar menjadi minuman tinggi serat yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Banyak buah-buahan segara yang dapat di buat jus, diantaranya ada pir, apel. dan appricot.

Jus buah seperti pir, apel, dan apricot diketahui dapat meredakan sembelit karena mengandung serat amanat tinggi. Jus apel mempunyai rasio kandungan fruktosa terhadap glukosa dan sorbitol yang cukup tinggi sehingga dapat membantu meredakan sembelit dengan lembut.

BACA JUGA:5 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Jaga Sistem Imun hingga Lancarkan Pencernaan

5. Biji chia fresca

Minuman yang terbuat dari campuran biji chia diketahui mempunyai banyak manfaat, salah satunya dapat atasi masalah sembelit.

Biji chia dapat dicampurkan kedalam air dan perasan lemon, atau dapat dicampurkan ke dalam minuman lainnya. Minuman ini diketahui dapat meransang kelancaran buang air besar.

BACA JUGA: Bikin Alergi hingga Gangguan Pencernaan, Ini 5 Efek Samping Makan Buah Nangka Berlebih

Kategori :