Bikin Khawatir, 6 Bahaya Ini Intai Si Kecil yang Kecanduan Gadget, Apa Saja?

Senin 10-06-2024,10:30 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Anak yang kecanduan gadget juga biasanya tidak bisa berhenti memainkan benda itu hingga dapat mengganggu kegiatan sehari-hari seperti kegiatan belajar. 

Hal ini terjadi karena sebagian besar waktu mereka digunakan untuk bermain gadget sehingga anak juga akan sulit untuk berkonsentrasi saat belajar di sekolah. 

BACA JUGA:Dampak Negatif dari Sinar Biru Gadget Bagi Kesehatan, Intip Cara Menguranginya di Sini

Maka dari itu, anak yang kecanduan gadget akan terganggu waktu belajarnya dan prestasi belajar di sekolah pun akan menurun. 

5. Obesitas

Mereka yang kecanduan gadget juga beresiko mengalami obesitas karena kurang melakukan aktivitas fisik yang dapat membakar kalori tubuh mereka akibat terus bermain gadget. 

BACA JUGA:This Gadget Knows What You Should Eat

Jika dibiarkan, obesitas dapat menyebabkan banyak maslah lainnya pada kesehatan anak, termasuk diabetes, serangan jantung, dan juga penyakit stroke. 

6. Kurang Bersosialiasi

Anak yang kecanduan gadget juga biasanya menjadi kurang bersosialitasi dan hanya ingin berkomunikasi melalui gadget saja. 

Hal ini nantinya dapat menyebabkan hubungan pertemanan, bahkan hubungan dengan keluarga menjadi renggang dan tidak harmonis. 

BACA JUGA:Anak Terlanjur Obesitas? Atasi dengan Cara Mudah Ini, Dukungan Orang Tua Jadi yang Utama

Demikian 6 bahaya kecanduan gadget pada anak yang perlu diwaspadai dan menjadi perhatian orang tua. Pastikan untuk memberikan batasan penggunaan gadget ini pada anak agar mereka tidak kecanduan. Semoga bermanfaat!(*)

Kategori :