Lebaran Idul Adha Tiba, Berikut 8 Tips Merebus Daging Kurban Tanpa Presto, Dijamin Empuk Tidak Alot

Minggu 16-06-2024,20:50 WIB
Reporter : Rizki
Editor : Ria Sofyan

8. Teknik merebus 5-30-7

Cara selanjutnya dapat melakukan teknik merebus daging dengan durasi 5-30-7. Cara merebus daging sapi dengan teknik ini dapat membuat daging cepat empuk. Selain daging empuk, gas yang digunakan juga lebih sedikit.

BACA JUGA:Waktu Penyembelihan Harus Sesuai! Ini 5 Aturan Pembagian Daging Kurban yang Sah

Pertama, siapkan panci yang telah diisi air. Panaskan air hingga benar-benar mendidih baru kemudian masukkan potongan daging yang ingin dimasak.

Rebus daging selama 5 menit. Setelah 5 menit, matikan api kompor dan tutup rapat panci kemudian biarkan selama 30 menit. Saat panci ditutup pastikan sudah benar-benar rapat dan jangan dibuka-buka hingga waktu 30 menit habis.

BACA JUGA:Baik untuk Kesehatan Otak, Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Daging Kambing yang Jarang Diketahui

Setelah didiamkan selama 30 menit nyalakan kembali api kompor. Lanjutkan untuk rebus selama 7 menit. Jika sudah selesai, cek tekstur daging.

Teknik ini bisa berhasil karena ketika panci ditutup, uap hasil pemasakan bisa mematangkan daging. Karenanya hindari membuka tutup panci daging terlalu sering. Sebaiknya juga gunakan panci yang tebal dan berat untuk proses ini.

BACA JUGA:Cara Bikin Daging Kambing Lebih Empuk dan Tak Bau, Coba Lakukan 6 Hal Ini

9. Teknik merebus 17 menit

Cara terakhir yang bisa kalian coba adalah dengan cara merebus daging sapi dengan metode 17 menit.

Pertama, siapkan daging yang sudah dipotong-potong dengan berlawanan arah serat agar tidak alot. Kemudian rebus dalam air mendidih selama 7 menit. Setelah itu, tutup rapat panci dan biarkan selama 5 menit dengan posisi api kompor mati.

BACA JUGA:7 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Mencegah Anemia

Jika sudah 5 menit, nyalakan kembali api. Rebus lagi selama 5 menit lalu matikan kembali. Ulangi cara ini sampai dua kali. Jika sudah mendidih, angkat daging sapi menggunakan saringan. Daging sapi pun siap diolah.

Itulah 9 tips merebus daging kurban yang harus Kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Kategori :