Jangan Tunggu Kejadian! Yuk Cegah Anemia pada Anak dengan 5 Cara Mudah Ini

Sabtu 22-06-2024,11:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Penting bagi orang tua untuk mengetahui cara mencegah anemia pada anak karena masalah kesehatan yang satu ini dapat berdampak buruk pada pertumbuhan mereka.  

BACA JUGA:5 Dampak Anemia Defisiensi Zat Besi pada Anak, Bisa Bikin Anak Lambat Berkembang

Pertumbuhan anak yang mengalami anemia defisiensi zat besi kronis terutama di usia dini dapat mengalami keterlambatan dalam pengembangan kognitif, motorik, mental, bahkan hingga sosio emosional mereka. 

Tidak hanya itu, anemia ini juga dapat berdampak pada kesiapan anak untuk bersekolah, membuat mereka cepat merasa lelah hingga sulit berkonsentrasi dan merespon stimulasi. 

BACA JUGA:6 Gejala Anemia pada Anak, Kulit Pucat hingga Napas Pendek

Anemia bukan hanya masalah kesehatan yang dialami oleh orang dewasa, namun anak-anak juga rentan mengalami masalah yang satu ini sehingga diperlukan kepekaan orang tua untuk mendeteksinya sejak dini. 

Anemia atau kurang darah merupakan suatu kondisi saat jumlah sel darah merah di dalam tubuh menurun di bawah normal untuk anak sehingga membuat mereka menjadi pucat, mudah rewel, lelah, dan juga lemah. 

BACA JUGA:Bunda Perlu Tahu! Anak Juga Bisa Alami Anemia, Ini Penyebabnya

Kondisi ini tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anak sehingga orang tua sebaiknya segera mengetahui gejalanya agar dapat mengatasinya lebih cepat. 

Jika anak mengalami anemia dan kekurangan sel darah merah atau hemoglobin di dalam tubuh, maka kondisi ini dapat menyebabkan jaringan dan organ dalam tubuh kekurangan oksigen. 

BACA JUGA:Baik Bagi Pengidap Anemia, Ini 10 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Untuk itu, orang tua perlu melakukan tindakan pencegahan agar anak tidak sampai mengalami masalah kesehatan yang satu ini untuk menghindari masalah lanjutan seperti stunting, hingga gangguan pada tulang.  

Lantas bagaimana cara mencegah anemia pada anak ini? Berikut telah BETV rangkum informasinya untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Daging Merah hingga Sereal, Ini 7 Makanan Pencegah Anemia yang Paling Direkomendasikan

Cara Mencegah Anemia pada Anak

Kategori :