BKKBN Provinsi Bengkulu Gandeng Duta Genre Cegah Pernikahan Dini dan Kehamilan pada Remaja

Sabtu 13-07-2024,15:41 WIB
Reporter : CW
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu bersama Duta Generasi Berencana (Genre) berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan remaja di Bengkulu melalui serangkaian program edukatif dan sosial. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada remaja agar mereka dapat membuat keputusan yang bijak terkait kesehatan reproduksi, pendidikan, dan perencanaan masa depan.

BACA JUGA:Kabar Terbaru, Beasiswa Kuliah Gratis Aparatur Desa se-Provinsi Bengkulu Segera Dibuka

Pembinaan ketahanan remaja melalui program Genre merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka menghapuskan perkawinan anak dan kehamilan pada remaja. 

Program Genre dimplementasikan melalui pemberdayaan teman sebaya (peer group) dan penguatan pengasuhan (parenting) keluarga agar remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat.

BACA JUGA:Terserap 15.815 Ton, Puncak Serapan Pupuk Subsidi di Bengkulu Diprediksi pada Agustus 2024

Dalam upaya ini, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, Zamhari,SH., M.H, menggandeng para Duta Genre.

Ia mengungkapkan bahwa Duta Genre sebagai agen dan corong informasi dari BKKBN yang dapat membawa perubahan yang aktif di kalangan remaja. 

BACA JUGA:Penataan Taman Wisata Kawasan DDTS Bengkulu Ditunda ke Tahun 2025

Duta Genre memiliki peran penting dalam mensosialisasikan berbagai program BKKBN, seperti pentingnya perencanaan keluarga, pencegahan pernikahan dini, serta pencegahan kehamilan remaja. 

Mereka diharapkan dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi remaja lainnya untuk menjalani hidup yang sehat dan produktif.

BACA JUGA:Dikbud Kota Bengkulu Minta Kepsek Awasi Siswa Selama MPLS di Tahun Ajaran Baru

"Jadi mereka itu sebagai agen informasi dari BKKBN sendiri dalam pelaksanaan program pembangunan keluarga berencana. Mereka adalah corong kita khususnya bagi remaja, jadi mereka diminta untuk melakukan sosialisasi berbagai program dan diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi remaja lainnya dan kami berharap sama sama kita semua mendukung program pemerintah ini," ujarnya, pada Sabtu, 13 Juli 2024.

BACA JUGA:Kisah Pak Syukur, Puluhan Tahun Jadi Fotografer Keliling di Rumah Pengasingan Bung Karno

Sementara itu, Zamhari berharap bahwa semua remaja di Provinsi Bengkulu dapat benar-benar memahami progam genre tersebut sehingga peran remaja bisa berkontribusi nyata dalam membangun generasi lebih baik dak sejahtera.

Kategori :