7 Manfaat Vitamin D Ini Bisa Bikin Kamu Ketagihan Berjemur di Pagi Hari, Apa Saja?

Senin 22-07-2024,11:45 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Manfaat vitamin D untuk kesehatan tubuh sangat beragam sehingga kamu perlu memenuhi asupan vitamin yang satu ini setiap harinya. 

BACA JUGA:6 Makanan Ini Dapat Membuat Mata Makin Sehat, Punya Kandungan Vitamin dan Omega 3

Mengonsumsi vitamin D ini dapat membantu memelihara tubuh lantaran selain baik untuk tulang dan gigi, vitamin D juga bagus untuk memperkuat sistem imun tubuhmu. 

Vitamin D sendiri merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan bisa disimpan di dalam tubuh untuk waktu yang lama. 

BACA JUGA:Bawang Putih Punya Kandungan Vitamin C, Ini 8 Manfaat bagi Kesehatan

Terdapat dua jenis utama dari vitamin D ini, yaitu yang pertama vitamin D2 (ergocalciferol) yang berasal dari tumbuhan dan bisa ditemukan pada beberapa jenis jamur. 

Sementara jenis yang kedua adalah vitamin D3 (cholecalciferol) yang ditemukan pada ikan, minyak ikan, kuning telur, dan juga pada sinar matahari. 

BACA JUGA:6 Ragam Manfaat Bunga Rosela untuk Kecantikan, Sumber Vitamin Bagus untuk Kulit Wajah

Vitamin D ini dapat terbentuk secara alami saat kulit terpapar oleh sinar matahari secara langsung sehingga banyak orang yang menyarankan untuk berjemur di pagi hari agar memperoleh vitamin ini. 

Saat kulit terpapar oleh sinar matahari, maka kondisi ini akan memicu sintesis vitamin D dimana hati dan ginjal akan mengubahnya menjadi vitamin D yang dapat membantu tubuh untuk menyerap kalsium lebih optimal. 

BACA JUGA:Lakukan 6 Cara Ini untuk Cegah Batuk, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C

Selain melalui sinar matahari, vitamin D ini dapat diperoleh melalui konsumsi suplemen vitamin D atau melalui makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. 

Vitamin yang satu ini sangat penting bagi tubuh sehingga memenuhi asupannya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Beberapa manfaat yang dapat kamu peroleh di antaranya adalah sebagai berikut. 

BACA JUGA:7 Penyebab Anemia pada Ibu Hamil, Kurang Asupan Vitamin B12 Salah Satunya

Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan Tubuh

Kategori :