5 Efek Samping Konsumsi Tomat Berlebih yang Perlu Kamu Waspadai, Nomor 3 Paling Berbahaya

Selasa 06-08-2024,11:57 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Jika kamu menyukai buah tomat, sebaiknya teteap berhati-hati lanaran terdapat beberapa efek samping terlalu banyak makan buah tomat yang dapat mengintai kesehatan tubuhmu. 

BACA JUGA:Tinggi Vitamin C, Inilah Ragam Manfaat Akar Lotus Bagi Kesehatan Tubuh

BACA JUGA:Sudah Tahu? Ini 7 Jenis Buah Tomat yang Ada di Indonesia, Nomor 1 Paling Mudah Ditemui

Oleh sebab itu, kamu perlu memperhatikan asupan buah yang satu ini ke dalam tubuhmu agar dapat menghindari berbagai efek sampingnya dan memaksimalkan manfaatnya. 

Buah tomat memang dikenal sebagai buah yang sehat dan baik untuk kesehatan lantaran mengandung banyak sekali nutrisi untuk tubuh berkat kandungan yang ada di dalamnya.  

Di dalam buah ini terdapat kandungan antioksidan alami bernama likopen yang berperan untuk memerangi bahaya radikal bebas yang dapat menjadi pemicu terjadinya kanker. 

BACA JUGA:Tidak Hanya Kesehatan, Akar Lotus Punya Manfaat Untuk Kecantikan, Cek di Sini Khasiatnya Bagi Kulit Wajah

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Tomat untuk Kecantikan yang Tak Boleh Dilewatkan, Bisa Jadi Moisturizer Alami!

Tidak hanya itu saja, buah tomat juga mengandung berbagai antioksidan lain seperti polifenol, naringenin, dan juga chlorogenic acid yang memiliki segudang manfaat. 

Buah yang satu ini juga baik untuk dikonsumsi oleh kamu yang sedang melakukan diet lantaran buah ini rendah kalori dan lemak namun tetap kaya akan karotenoid, lutein, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium.

Namun senyawa yang ada di dalam buah tomat dapat memberikan efek samping atau dampak yang tidak baik bagi tubuh terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

 BACA JUGA:9 Manfaat Akar Lotus Bagi Kesehatan Anak, Salah Satunya Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Peach untuk Kesehatan, Nomor 1 Cegah Sakit Kronis

Bahkan pada beberapa orang dengan kondisi tertentu, tomat justru dapat menyebabkan komplikasi sehingga buah yang sehat ini tidak baik bagi semua orang. 

Oleh sebab itu, kamu perlu selalu memperhatikan jumlah buah tomat yang akan kamu konsumsi dan pastikan jika jumlahnya ada di batas yang wajar dan tidak membahayakan. 

Kategori :