Gubernur Rohidin Sebut Job Fair 2024 Upaya Tekan Angka Pengangguran di Bengkulu

Kamis 12-09-2024,14:36 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Gubernur Rohidin Mersyah menyebutkan Job Fair 2024 digelar dalam upaya menekan angka pengangguran di Provinsi Bengkulu.

Hal ini disampaikan usai membuka Job Fair 2024 yang berlangsung di Bencoolen Mall pada Kamis, 12 September 2024. 

Dalam job fair kali ada 4.999 peluang tenaga kerja dari berbagai sektor seperti kesehatan, perkebunan, dan retail. Sehingga acara ini menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh ribuan pencari kerja.

BACA JUGA:Wujudkan 1.000 Jalan Mulus, Bupati Seluma Lakukan Titik Nol Pembangunan Jalan Kuti Agung

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, optimistis bahwa Job Fair kali ini akan mampu membuka ribuan lapangan kerja baru. 

"Ada sekitar 50 perusahaan yang buka booth langsung di lokasi dan totalnya ada 100 perusahaan yang siap merekrut tenaga kerja di bidang perkebunan, pertambangan, rumah sakit, dan lainnya," ujarnya.

BACA JUGA:Berhadiah Jutaan Rupiah! Turnamen Bola Voli Putra Alap Cup I Segera Digelar, Ini Syarat Daftarnya

Rohidin berharap, penyelenggaraan Job Fair ini tak hanya sistematis tetapi juga memberikan kesempatan bagi pencari kerja untuk aktif menggali informasi tentang lowongan yang mereka butuhkan.

"Dengan job fair ini silakan calon pekerja menggali informasi lowongan kerja apa yang dibutuhkan," ungkapnya.

BACA JUGA:Program Bedah Rumah Pemkot Bengkulu Dilanjutkan, Sasar 23 Rumah Tidak Layak Huni

Sementarara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Syarifudin, menambahkan bahwa saat ini perekonomian Bengkulu sedang mengalami pertumbuhan pesat. 

"Ada dua rumah sakit besar yang dalam tahap pembangunan, dan masing-masing akan membutuhkan 300 tenaga kerja. Selain itu, tiga pabrik CPO di Seluma dan Bengkulu Selatan siap berproduksi, dengan minimal 200 tenaga kerja dibutuhkan per perusahaan," jelas Syarifudin.

BACA JUGA:Fakta Baru Kasus Pembunuhan 2 Warga Jambi di Bengkulu, Ternyata Begini Kronologi Sebenarnya

Tak hanya sektor kesehatan dan CPO, sektor retail dan konstruksi juga diprediksi akan menyerap banyak tenaga kerja dalam waktu dekat.

Bengkulu Job Fair kali ini tidak hanya berfokus pada perekrutan, tetapi juga memberikan wawasan penting bagi pencari kerja. Seminar karier diselenggarakan agar para calon tenaga kerja siap menghadapi proses seleksi dan tahu bagaimana menyiapkan dokumen lamaran yang tepat.

Kategori :