Ini Kualifikasi Moderator Debat Pilwakot yang Diinginkan KPU Kota Bengkulu

Kamis 17-10-2024,16:55 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Posisi moderator dalam debat pilkada Kota Bengkulu sangat sentral dan penting, karena seorang moderator nantinya akan memandu jalannya acara debat dari awal hingga tuntas.

Karena tugas dan peran vital yang diemban oleh moderator inilah maka, KPU Kota Bengkulu menginkan moderator dengan kualifikasi tertentu yang mumpuni.

BACA JUGA:KPU Fasilitasi APK dan Iklan Kampanye Media Massa Paslon Pilkada Kota Bengkulu 2024

Anggota Komisoner KPU Kota Bengkulu, Anggi Stephensent mengatakan bahwa kualifikasi yang diinginkannoleh pihalnya seperti harus netral dan independen, dalam artian tidak berafiliasi dengan parpol maupun paslon manapun. 

Lalu punya pengetahuan tentang kepemiluan, kearifan lokal, wilayah Kota Bengkulu khususnya, menguasai public speaking dengan baik.

Kemudian  yang tidak kalah penting juga mampu mengarahkan tahapan debat dan mengendalikan simpatisan masa masing-masing paslon.

BACA JUGA:Polisi Tetapkan 10 Tersangka Korupsi Dinas Pertanian Benteng, 8 Orang Sudah Kembalikan Kerugian Negara

"Untuk kualifikasi lebih ke ranah penyelenggara EO masing-masing ya, karena kan sepenuhnya itu dihandle oleh EO. Secara umum karena mereka bekerja untuk KPU, tidak boleh berafiliasi dengan partai politik maupun kepentingan paslon tertentu," kata Anggi.

BACA JUGA:Honda CRF Hilang di Kos Penurunan, Korban: Sudah Kunci Setang dan Gembok Cakram

"Lalu yang kedua juga punya pengetahuan, yang paham tentang kepemiluan, kearifan Kota Bengkulu khususnya, dan yang pasti adalah bisa mengendalikan jalannya tahapan debat publik," sambungnya.

Sementara itu, tiga tema debat yang menjadi fokus utama dalam tiga sesi debat nantinya yakni debat perdana akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2024, bertema tata kelola pemerintahan yang baik menuju pelayanan publik yang efektif dan efisien.

BACA JUGA:Mal Pelayanan Publik Digital Kota Bengkulu Beroperasi Mulai 1 November

Kemudian debat kedua akan dilaksanakan pada tanggal 8 November 2024, dengan mengusung tema kebudayaan, pariwisata, religius, dan kearifan lokal dalam rangka mempertahankan NKRI.

Debat terakhir akan dilaksanakan pada tanggal 16 November 2024, dengan tema penataan infrastruktur publik dan penataan kependudukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bengkulu.

(Jalu)

Kategori :