Suka Ngemil Kuaci? Ketahui 5 Efek Samping Konsumsi Kuaci Berlebihan Ini dan Atur Takarannya

Senin 21-10-2024,15:15 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Meski dikenal sebagai camilan sehat, terdapat beberapa efek samping konsumsi kuaci berlebihan yang perlu kamu waspadai. 

BACA JUGA:4 Minuman Enak Buah Pisang yang Perlu Dicoba, Cek Resep Simpelnya di Sini

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Bahaya Penumpukan Lemak di Perut, Bisa Sebabkan Penyakit Jantung hingga Diabetes

Kuaci, terutama yang berasal dari biji bunga matahari memang dikenal sebagai camilan sehat yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin E, magnesium, dan serat. 

Meski begitu, konsumsi kuaci yang berlebihan bisa membawa beberapa risiko bagi kesehatan sehingga penting untuk mengatur konsumsinya agar tidak berlebihan. 

Salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah fakta bahwa kuaci yang sering dijual di pasaran biasanya sudah melalui proses penggaraman, yang artinya mengandung kadar garam yang cukup tinggi. 

BACA JUGA:Hempas Lemak di Perut dengan 5 Jenis Olahraga Ini, Mulai dari Kardio hingga Yoga

BACA JUGA:Coba Konsumsi Buah Pisang Ini, Dipercaya Ampuh Meringankan Kram Kaki bagi Ibu Hamil, Cek Manfaatnya

Garam tambahan ini jika dikonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki kondisi tertentu seperti tekanan darah tinggi.

Garam yang ada di dalam kuaci ini dapat meningkatkan kadar natrium dalam tubuh secara signifikan sehingga dapat memberikan dampak yang mungkin terasa dalam jangka panjang. 

Selain kandungan garam, kuaci juga mengandung kalori yang mungkin lebih besar dari yang disadari. Meskipun ukurannya kecil, konsumsi dalam jumlah besar bisa menyebabkan peningkatan asupan kalori secara drastis. 

 

Selain beberapa efek samping tersebut, berikut beberapa efek samping lainnya dari konsumsi kuaci berlebihan bagi tubuh yang telah BETV rangkum dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Cegah Lemak di Perut dengan 5 Cara Ini, Coba untuk Kelola Stres

BACA JUGA:40 Ormas di Bengkulu Deklarasi Dukungan untuk Pasangan Rohidin-Meriani

Kategori :